Tips Memilih Buku Catatan dan Buku Kulit Custom Terbaik

Ada banyak sekali jenis buku catatan yang ada di pasaran, tapi akan kami bahas nanti ya! Salah satunya buku dengan bahan kulit. Nah, Hibrkraft bisa melakukan custom atau personalisasi buku catatan impianmu agar kamu bisa lebih produktif di masa new normal ini loh! Nah, untuk kamu yang ingin melakukan customize atau personalisasi, maka ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar buku kulit custom yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kamu sebagai pelanggan. Penasaran, apa-apa saja tipsnya? Yuk simak ulasan berikut ini.

personalisasi-buku-catatan-kulit
Personalisasi lanjutan: Engrave. Pesan via WA yuk!

Buatlah Buku Berdasarkan Tujuan Penggunaan

Tentunya ada sebagian orang yang menggunakan buku kulit ini yang bersifat personal. Namun buku kulit seperti buku agenda exclusive hingga buku agenda kerja terbaik akan berubah sesuai dengan tujuan penggunaan, budget, frekuensi penggunaan, sering dibawa atau tidak, serta jumlah kertas yang akan digunakan. Buku catatan kuliah, akan berbeda dengan buku yang digunakan untuk catatan harian bukan?

Nah, sebelum kamu memutuskan ingin melakukan custom, maka kamu harus mengetahui terlebih dahulu kebutuhan buku tersebut untuk apa. Ada buku catatan yang memang menitikberatkan pada kemudahan ketika dibawa serta dipakai saat menulis. Namun ada juga buku catatan yang lebih fokus terhadap kesan eksklusif yang ditampilkannya. Ada juga buku catatan Hibrkraft yang menitikberatkan kepada pengalaman saat menulisnya. Gimana, yang mana yang akan kamu pilih?

Pertimbangkan Berat dan Ketebalan Buku Catatan.

Yang jelas saat kamu memilih buku kulit custom, tentunya kapasitas buku kulit akan sangat bervariasi sesuai dengan keinginan kamu. Untuk kamu yang sering membawa buku ke dalam tas, maka buku dengan kapasitas kertas yang lebih sedikit bisa menjadi pilihan terbaik yang bisa kamu pilih. Mengapa? Sudah jelas dong, buku dengan tipe seperti ini pastinya akan lebih ringan. Namun di sisi lain, buku dengan kapasitas kertas yang lebih banyak bisa kamu jadikan sebagai buku catatan yang sering digunakan di dalam rumah. Karena kamu tidak perlu membawanya kemana-mana. Buku dengan tipe ini pun bisa menampung lebih banyak tulisan yang akan kamu tulis. Bagaimana, kamu setuju, bukan!

Hibrkraft sendiri pernah membuat buku catatan dengan ketebalan sampai 1024 lembar loh (2048 halaman). Memang agak bulky sih, makanya kami juga mempertimbangkan ukuran buku catatan yang kamu pesan. Mayoritas jurnal yang pernah dipesan oleh customer Hibrkraft memiliki kapasitas 160 halaman. Dengan kapasitas tersebut, sejauh yang kami amati, customer kami mampu menghabiskan semua halaman dalam periode setahun.

Kalau terlalu tebal, buku catatanmu juga jadi cukup berat hingga aka nagak menyulitkan jika dibawa kemana-mana. Sebenarnya ada cara menghitungnya sih. Komen kalau kamu pingin tahu ya!

Ukuran Buku Catatan.

Secara default, Hibrkraft memiliki variasi ukuran sebagai berikut:

  1. Pocket (11 cm x 8 cm)
  2. Mini (13 cm x 10 cm)
  3. Small (15 cm x 10.5 cm)
  4. Medium (18 cm x 13 cm)
  5. A5 (21 cm x 15 cm)
  6. Large (25 cm x 18 cm)
  7. Extra Large (36 cm x 25 cm)
  8. Titan (100 cm x 60 cm)

Sebenarnya dengan variasi ukuran tersebut, kamu sudah cukup leluasa untuk memilih loh. Memang ada beberapa varian popular yang mendominasi penjualan kami, yaitu:

Ukuran Small (15 cm x 10.5 cm): superpraktis dan mini

Nah, untuk kamu yang sangat mengutamakan kepraktisan dan tanpa ribet, seperti halnya dalam percintaan, hehehe… kamu bisa kok melakukan custom buku agenda unik atau buku diary unik dengan ukuran Small, (15 cm x 10,5 cm atau setara A6).
Tentunya tipe ukuran buku yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang akan membawa selalu buku kulit setiap saat. Dengan ukuran yang sebesar buku komik mini, buku kulit ini pun bahkan bisa dimasukkan ke dalam saku lho! Gak percaya, yuk buktikan sekarang juga! Karena tidak hanya cocok untuk dibawa bepergian saja, namun buku kulit dengan ukuran A6 juga bisa digunakan sebagai pengganti memo.

Memang buku kulit ini tidak akan leluasa digunakan untuk menulis. Terlebih lagi untuk kolom mingguan dan bulanan, karena tampilannya yang sempit, terlebih lagi informasi yang bisa ditulis juga sedikit. Tetapi buku kulit ini lebih cocok untuk kamu yang biasa atau suka menulis poin-poin penting.

Ukuran Medium (18 cm x 13 cm): Yang bisa digunakan untuk menulis berbagai informasi yang banyak

Kamu memiliki banyak informasi yang digunakan untuk menulis maupun sering menempelkan berbagai berkas meeting ke dalam buku agenda eksklusif atau buku agenda harian? Jika iya, maka sangatlah tepat jika kamu bisa memilih buku dengan ukuran Medium.

Nah, ukuran ini memang cukup ideal dan tentunya bisa digunakan untuk berbagai jenis catatan mulai dari diary, catatan kuliah atau bahkan untuk bullet journaling. Hal ini dikarenakan satu halamannya yang cukup lebar, sehingga informasi yang ditulis juga bisa ditata sedemikian rupa, dengan begitu cukup mudah untuk dilihat.

buku-kulit-custom-ukuran-besar
Perbandingan ukuran large dan medium. Dalam frame: Hibrkraft’s Varus Journal

Ukuran Large (25 cm x 18 cm): Untuk penulis rutin, portfolio, dan sketsa

Karena ukurannya yang cukup besar, maka buku buku agenda ini kurang praktis dibawa bepergian. Namun buku ini lebih cocok kamu letakkan di atas meja kerja.

Beberapa customer kami yang memesan dengan ukuran ini, cenderung menggunakannya untuk sketsa dan portfolio. Kalau kamu ingin memiliki keleluasaan untuk menulis, mencatat, menggambar, atau membuat kliping, ukuran ini cocok untukmu!

Format Isi

Nah, apakah kamu ingin melakukan custom buku agenda? Namun sebenarnya apa sih buku agenda itu? Apa bedanya dengan jurnal? Buku agenda adalah catatan bertanggal yang nantinya akan mencatat keluar masuknya berbagai surat yang dikirim dan yang diterima oleh instansi, kantor, hingga perusahaan. Yang jelas layout dari buku agenda bisa berbeda. Tentunya hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan yang memang sesuai dengan penggunanya. Tentu saja, fungsi dari format ini adalah untuk membantu kamu dalam mengatur jadwal. Jangan lupa untuk memilih layout buku kulit custom yang cukup mudah digunakan, ya! Pada umumnya terdapat 4 format isi yang ada di dalam buku agenda. Ada mingguan, bulanan, tabel harian, dan mingguan. Nah, pada format harian kamu bisa menulis jadwal harian secara detail satu halaman penuh.

Lalu, apa itu jurnal? Seccara singkat, jurnal adalah sebuah informasi yang diliterasikan. Tapi yang Hibrkraft buat bukan jurnal keuangan atau jurnal ilmiah loh ya! Kita bikinnya jurnal kulit ehehe

Secara default, buku catatan Hibrkraft memiliki format isi polos. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa leluasa menuangkann apa yang ada di pikiranmu mulai dari catatan, ide, desain, sketsa, dan lainnya. Namun, kamu juga bisa memesan format isi sesuai kebutuhanmu seperti untuk weekly planner atau monthly planner, dot grid atau lined atau square grid, atau diberi watermark seperti pesanan dari banyak perusahaan loh.

Teknik Binding/Teknik Jilid

Nah, bagaimana dengan teknik jilid bukunya? Ya, salah satu faktor yang menentukan sebuah buku kulit awet atau tidak yaitu pada jilidnya. Yang jelas jilid buku ini sangat berperan penting untuk membuat sebuah buku agar tetap dalam keutuhannya. Sepertinya hal ini sama seperti kamu menjaga jodoh ya…. Tentunya ada banyak sekali pilihan jilid buku yang bisa kamu pesan. Dari mulai blok lem (perfect binding), kawat spiral, ring logam (binder), dan juga jahit benang. Nah, jangan lupa untuk memilih jilid buku yang memang sesuai dengan kenyamanan kamu, ya!

Lebih dalam lagi, ada ratusan teknik binding yang bisa kamu temui. Beberapa diantaranya yang populer adalah:

  1. Japanese stab binding
  2. Coptic stitch binding
  3. Kettle stitch binding
  4. Longstitcch binding
  5. Secret Belgian binding
  6. Solomon binding
  7. Perfect binding

Bedanya…. banyak sih. Mungkin nanti kita bahas lebih lanjut ya!

Material buku

Hibrkraft bisa membuat buku catatan dengan menggunakan berbagai jenis material dan bahan apapun selama bisa digunakan, ehehe. Hardcover, soft cover, no cover, atau cover kulit. Atau cover kain? Atau cover tenun? Bisa aja.

buku cover tenun
Buku catatan cover tenun Hibrkraft

Kami sebenarnya pingin banget ketemu sama customer yang ingin pesan parchment nih. Alias buku yang ISINYA bukan kertas, tapi kulit. Jadi kamu nulisnya diatas kulit. Beuh, bakal bertahan ratusan tahun tuh kaya berbagai jenis manuscript terkenal.

Bahan kulit untuk buku yang lebih tahan lama

Nah, sudah tahu kan apa-apa saja tips yang harus kamu ketahui saat memilih buku kulit custom? Yang jelas menggunakan bahan kulit sebagai cover buku bisa dipilih atau dipesan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan kamu.

Ada banyak sekali jenis kulit yang ada di pasaran. Umumnya kulit yang digunakan untuk dijadikan sebagai bahan cover adalah kulit sapi. Memang kulit sapi bisa digunakan untuk kamu yang ingin memiliki buku berkualitas tinggi dan pastinya bisa bertahan lebih lama. Namun selain itu, kamu juga bisa kok menggunakan kulit sintetis.

Pada dasarnya buku agenda kecil, buku catatan harian, buku agenda mingguan, portfolio, maupun buku agenda untuk bisnis akan sering digunakan untuk kebutuhan pekerjaan, yang digunakan paling tidak selama setahun. Ada baiknya kamu memilih bahan dengan sampul yang cukup kuat, dengan begitu bisa digunakan untuk jangka waktu yang lama. (Ciyee jualan)

Nah, secara khusus kamu bisa memilih bahan yang tebal serta solid seperti halnya kulit sintetis. Kulit sintetis ini memang bisa dipilih untuk kamu yang memang tidak menggunakannya terlalu sering atau cukup jarang untuk dibawa pergi. Yang paling penting adalah pilihlah jenis buku yang memang sesuai dengan kondisi maupun kebutuhan anda sebagai pengguna.

Dan yang paling penting adalah untuk kamu yang ingin melakukan custom, maka jangan lupa untuk memilih tempat custom terbaik (Hibrkraft lah). Nah, ketika kamu memilih tempat custom terbaik, maka kamu akan mendapatkan material kulit berkualitas. Jika sudah seperti ini, buku catatan yang kamu pesan pastinya bisa bertahan lama dan lebih awet. Dan yang paling penting adalah harga yang ditawarkan bisa disesuaikan dengan anggaranmu loh!

Semoga berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas bisa bermanfaat dan dapat menambah wawasan kamu lebih jauh lagi mengenai tips memilih buku kulit custom terbaik. Sampai bertemu di artikel berikutnya!

8 thoughts on “Tips Memilih Buku Catatan dan Buku Kulit Custom Terbaik”

  1. Kalau aku mungkin ingin memilih buku catatan sampul kulit ini yang lebih kecil namun tebal, jadi ringan dibawa traveling. Gak kusut dalam ransel tapi bisa mencatat semua yang perlu aku catat. Dan akan meminta juga agar dibuatkan selipan pena di tengahnya, dengan penjepit erat. Jadi kalau keluar dari dalam ransel siap digunakan, gak pakai acara cari-cari pulpen lagi 🙂

  2. Lihat ini, ingatanku kembali ke masa di mana hampir setiap hari saya menulis diary. Sekarang sih lebih rajin nulis alias mencatat buku kas keluarga hahaha.
    Catat pemasukan dan pengeluaran yang selalu berakhir di saldo NIHIL

    Btw, saya tertarik memiliki buku catatan yang ringan, praktis dibawa kemana-mana tetapi bisa memuat banyak catatan. Bisa ndak yah?

  3. Hibikraft keren banget macem-macem ada ya model buku kayak jurnal gitu kak. Aku juga lagi pengen. Tar kepo-kepo lagi ah model yang lain. Makasih kak tipsnya pemilihan yang tepat dengan yang kita butuhkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top