Pentingnya Memiliki Catatan

Dalam kehidupan sehari-hari, kita terbiasa dengan banyaknya informasi yang datang dan pergi. Kebanyakan orang akan mengandalkan ingatan untuk menyimpan informasi tersebut, tak jarang sering kali kita melupakan kejadian atau sesuatu informasi penting yang harusnya kita simpan. Karena itulah sebuah catatan diciptakan. Mengingat seberapa pentingnya memiliki catatan, sekarang ini banyak sekali metode mencatat yang bisa diterapkan, Hibrkraft akan rangkum itu semua, baca sampai akhir ya!

Apa itu Catatan

Catatan merupakan sebuah bentuk rekaman informasi yang diambil dari sumber lain. Dengan catatan, penulis bisa menuliskan secara bebas inti dari sebuah informasi tanpa terikat suatu keharusan untuk mengingat secara keseluruhan informasi tersebut. Selain praktis, catatan juga diperlukan untuk membuat sebuah tulisan bebas dari asal pemikiran yang mana hal tersebut termasuk dalam metode perekaman pikiran tertua di dunia.

Sejarah Catatan

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan, keberadaan catatan sudah menjadi tiang yang menopang bagaimana teknologi yang kita capai sekarang bisa terjadi. Dalam sejarahnya, bangsa yunani kuno mengembangkan sebuah catatan pribadi untuk pelajaran-pelajaran penting yang bernama Hypomnema. Pada abad Renaissance, seorang filsuf bernama John Locke menciptakan sebuah sistem pengindeksan yang hingga kini masih diterapkan sebagai model kumpulan catatan.

Tips Mencatat Efektif

Masih bingung apa saja yang ingin kamu catatan dengan efektif agar catatan mu berguna saat dibaca kembali? Berikut tips mencatat efektif yang bisa kamu gunakan.

  1. Jangan mencatat tanpa persiapan, setidaknya baca dahulu silabus pelajarannya.

Banyak dari kita yang memilih untuk langsung mencatat sesuatu tanpa adanya persiapan yang matang, dengan membaca dan memahami pelajarannya, kita jadi lebih mampu memilah mana informasi penting yang bisa dicatat dan yang tidak perlu dicatat.

  1. Tulislah judul dan tanggal catatanmu

Tak jarang kita terlupa sesuatu yang pernah kita catat, untuk memperkecil hal tersebut, kita bisa membuat judul dan tanggal pada catatan agar setidaknya kita ingat kapan kita menulis catatan tersebut ketika diperlukan.

  1. Catat dengan metode Cornell

Metode Cornell mengandung 3 unsur utama yaitu mengambil, mengatur, dan meninjau catatan yang mengisi rangkaian informasi atau materi. Dengan begitu kita jadi tidak perlu repot dalam mencari catatan tersebut karena kita bisa memahami letaknya.

  1. Buatlah Mind Mapping sebelum membuat sebuah catatan.

Saat membaca catatan kembali, terkadang kita kebingungan soal apa yang sebelumnya kita tulis. Dengan membuat peta pikiran, kamu bisa menangkap gambaran soal catatan mu lebih cepat sehingga tidak kebingungan saat mencoba membacanya lagi.

 

Nah itu dia alasan pentingnya mencatat yang sudah kami rangkum dengan tipsnya. Bagaimana? Mulai tertarik mencatat? Kalau kamu bingung dengan buku catatan yang bagus dan estetik untuk menemani keseharianmu, Hibrkraft punya solusinya nih, cek di sini ya untuk buku catatan terbaik yang bisa kami tawarkan.

Terima kasih sudah membaca artikel kami yaitu “Pentingnya Memiliki Catatan”. Menarik bukan! Suka dengan pembahasan seperti ini? Kamu bisa baca artikel lainnya hanya di Hibrkraft. Jangan lupa untuk follow instagram kami untuk dapatkan info ter-update dari kami. Tertarik dengan jurnal kami? Checkout sekarang, atau bisa juga lewat Tokopedia kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top