Menyelamatkan bisnis yang gagal

Menyelamatkan Bisnis Yang Gagal

Bisnis tak selamanya berjalan sesuai dengan keinginan kita, tak jarang sering dari kita tumbang di tengah menjalankan bisnis. Belum lama ini pun banyak sekali start-up yang mulai gulung tikar dengan berbagai macam penyebab. Meski tidak semuanya bisa diselamatkan, tapi ada juga beberapa jenis bisnis yang mampu diselamatkan dari kegagalannya.

Identifikasi Penyebab Bisnis Gagal

Untuk menyelamatkan bisnis yang gagal, kita harus mencari tahu asal mula kenapa hal tersebut bisa terjadi. Terdapat ratusan faktor yang harus diperkecil hingga kita menemukan kenapa bisnis kita tidak berkembang atau bahkan gagal. Penerapan modal yang berantakan, hingga karyawan yang tidak disiplin bisa menjadi penyebab kenapa bisnis mu jalan ditempat. Berikut contoh kegagalan bisnis yang harus kamu antisipasi.

  1. Faktor Ekonomi Eksternal

Tidak bisa dipungkiri kalau masalah eksternal bisa menyebabkan kegagalan pada bisnis kita. Fluktuasi ekonomi negara yang terus bergejolak menjadikan bisnis kita pertaruhan. Sehingga kita dituntut untuk terus mampu beradaptasi dan berevolusi. Tak jarang banyak yang harus kita korbankan. Misalnya saat resesi, maka cost pun harus semakin ditekan. Kita harus mencari vendor dan bahan baku lain yang lebih murah, atau malah mengurangi jumlah karyawan demi mempertahankan bisnis kita tetap berjalan.

  1. Kesalahan Manajemen

Jika sebelumnya karena faktor eksternal, kali ini faktor internal yang menjadi penyebabnya. Manajemen yang buruk dalam segala aspek bisa membawa petaka pada bisnismu. Misalnya dalam bidang sumber daya manusia, sering kita temui manajerial yang buruk dengan pemberian sanksi tidak masuk akal yang menyebabkan karyawan tidak betah dan memilih resign. Atau di bidang keuangan yang mana margin bisnis mu sangat kecil sampai lupa menghitung cost untuk karyawan.

  1. Kurang Memahami Bisnis

Sebagai pebisnis, kita dituntut untuk mengerti produk dan pasar kita secara berkala. Kesalahan pemahaman baik strategi pasar hingga memasukan sdm yang tidak handal menjadi kendala penyebab bisnis kita tidak berkembang. Dalam hal ini, kitalah yang harus mengantisipasi dan memahami keadaan kita. Tak jarang kita perlu membaca buku, atau sekedar menurunkan ego untuk mendengar pendapat orang lain baik karyawan atau teman mengenai bisnis yang kita kembangkan.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Setelah mengenali kendala yang kita hadapi, tentu kita juga perlu menemukan solusi untuk masalah tersebut. Untuk mencarinya, kita membutuhkan referensi terpercaya yang bisa kita ikuti. Berikut ini beberapa cara untuk memperoleh referensi tersebut.

  • Buku Tentang Bisnis

Saat ini banyak sekali buku-buku yang membahas tentang bisnis, baik dari sisi permukaannya saja hingga seluk beluknya. Tidak ada salahnya jika kita menginvestasikan sedikit uang kita untuk ilmu yang ada di sana.

  • Bertanya Kepada Kerabat/Rekan Bisnis

Pengalaman buruk orang lain bisa menjadi pelajaran bagi kita. Teman bisnismu mungkin saja punya pengalaman yang sama seperti yang sedang kamu hadapi saat ini. Tak ada salahnya untuk bertanya pada mereka tentang bagaimana mereka menghadapi kelesuan pada bisnis.

  • Mencari Di Internet

Di era digital ini, informasi bisa didapatkan dari mana saja. Pemilihan materi yang tepat untuk permasalahan mu bisa membantumu mencari jalan keluar dari kerumitan bisnismu.

Bisnis memang sulit, namun tidak sesulit yang kamu perkirakan

Terlalu banyak faktor yang menentukan kesuksesan bisnismu, tak sedikit juga yang mampu menjatuhkannya. Manajemen resiko sangat diperlukan untuk melakukan pencegahan. Namun jika sudah terlanjur jatuh, kamu harus mulai mengatur strategi untuk menanggulanginya. Suka dengan artikel ini? Dapatkan insight tentang Bisnis lainnya hanya di Hibrkraft.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top