Menerima ketidak kesempurnaan

Menerima ketidak kesempurnaan

Belajar mencintai ketidaksempurnaan memerlukan proses yang tidak mudah. Banyaknya komentar negatif yang terlontar dari orang lain, sangat berpengaruh dalam proses menerima diri sendiri.
Standar kecantikan di Indonesia menjadi dasar bagi segelintir orang untuk melontarkan kalimat negatif pada wanita yang dianggap tidak memenuhi kriteria standar kecantikan tersebut. Padahal, kecantikan tak harus dimiliki oleh mereka yang memiliki kulit putih, tubuh langsing, atau rambut yang lurus. Kecantikan adalah sesuatu yang datang dari apa yang kita bawa dari dalam diri dan cara kita bersikap. Tentunya hal tersebut dapat dimiliki dengan belajar mencintai diri sendiri.
Tak jarang mereka yang tidak memiliki kepercayaan diri akibat komentar negatif, membutuhkan bantuan psikolog. Lalu bagaimana cara untuk menerima diri sendiri dengan segala ketidaksempurnaan yang kita miliki?

  • Kenali diri sendiri

Orang yang sering membandingkan dirinya dengan orang lain, terkadang disebabkan oleh kurang mengenal diri sendiri dengan baik. Banyaknya tuntutan dari orang sekitar juga mungkin menjadi penyebabnya. Mengenal diri sendiri berarti bisa menyeimbangkan antara realita dan keinginan, agar bisa lebih menerima diri sendiri dalam kondisi apa pun.

  • Jauhi lingkungan “toxic

Tidak menutup kemungkinan jika lingkungan sangat berdampak pada pola pikir seseorang. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memilih lingkup pertemanan yang membawa dampak positif bagi diri sendiri. Jangan pernah takut untuk meninggalkan lingkungan dan pertemanan yang kurang baik, karena akan sangat berdampak bagi kesehatan mental Anda. Berpura-pura bahagia berada di lingkungan yang toxic hanya akan membawa dampak negatif bagi diri sendiri. Anda berhak menemukan kebahagiaan yang nyata, misalnya dengan lebih memerhatikan diri sendiri.

  • Hilangkan pikiran negative

Sering kali kita terlalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Merasa kecil ketika orang lain memiliki pencapaian yang lebih baik, justru hanya akan merusak diri sendiri.

Tidak ada yang  sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah Swt. Jadi kalian jangan pernah merasa kurang dengan diri kalian sendiri, karena semua orang punya standarnya masing-masing. Belajar untuk self love.

Itu dia sedikit cerita tentang menerima tidak kesempurnaan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan pembaca, terimakasih sudah meyempatkan waktu anda untuk membaca artikel mengenai menerima ketidak kesempurnaan.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top