Apa beda jurnal dan diary

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Apa Beda Jurnal dan Diary

Tahukah kamu bahwa jurnal dan diary itu berbeda? Pasti kalian belum pada tau kan. Nah dari pada kalian penasaran, dipostingan kali ini kami akan membahas tentang bedanya jurnal dan diary. Menarik bukan pembahasan kali ini, yuu dibaca sampai akhir. Cekidot!

Ketika kita cari di google soal apa itu jurnal, hasil yang keluar hanya soal jurnal ilmiah. Padahal berdasarkan KBBI, jurnal bisa diartikan sebagai berikut:

  1. Buku catatan harian
  2. Surat kabar harian
  3. Buku yang dipakai sebagai buku perantara antara buku harian dan buku besar
  4. Buku yang dipakai untuk mencatat transaksi berdasarkan urutan waktu
  5. Majalah yang khusus memuat artikel dalam satu bidang ilmu tertentu

Jauh banget ya, hehe. Nah berhubung Hibrkraft bergerak di bidang pembuatan jurnal kulit, sebenarnya apa sih jurnal itu? Apa bedanya dengan diary?[/vc_column_text][vc_single_image image=”2327″ img_size=”full” alignment=”center”][vc_column_text]

Pengertian jurnal menurut Hibrkraft

Jurnal adalah sebuah media, bisa berupa buku atau perangkat elektronik, yang memuat fakta, opini, atau kejadian secara kronologis berdasarkan waktu. Jurnal bisa berbentuk diary, jurnal perjalanan, jurnal akuntansi, atau jurnal apapun.

Sementara pengertian jurnal yang beredar di internet hanya sebatas “jurnal ilmiah”, yaitu laporan hasil penelitian dan atau studi literatur yang diterbitkan di wadah tertentu.

Kenapa sih kami bahas ini? Karena menurut kami ini adalah hal yang perlu diluruskan. Memang faktanya sebagian besar artikel di internet tidak ditulis oleh orang yang benar-benar terjun ke bidang bahasannya, dan menulis artikel hanya sebagai peluruh kewajiban. Hal ini jelas merugikan, karena banyak orang yang mengambil referensi dari internet. Oleh karena itu, kami ingin membuat bahasan yang lebih baik soal ini (apalagi karena kami bekerja di bidang ini!)

Apa beda jurnal dan diary?

Kata diary berasal dari bahasa latin diarium dan kata jurnal berasal dari akar kata yang sama diurnus. Diary, adalah salah satu bentuk jurnal. Ketika disebut diary, apa yang ditulis di dalamnya cenderung merupakan kejadian personal yang dialami seseorang. Sementara jurnal bisa ditulisi oleh beberapa orang, diary hanya milik dan disusun oleh satu individu saja.

Diary juga cenderung melibatkan opini dan perspektif penulisnya. Apa yang ditulisi di dalamnya bisa jadi merupakan hasil buah pikir dari penulisnya tentang kejadian yang dialami pada satu periode tertentu (bisa hari, bisa mingguan, bisa per kejadian). Penulisan jurnal juga melibatkan opini dan perspektif penulisnya. Bedanya, bahasan jurnal cenderung lebih luas dan tidak terpaku pada satu topik individu saja.[/vc_column_text][vc_gallery interval=”3″ images=”2330,2331″ img_size=”full”][vc_column_text]

Kesimpulan

Jadi intinya diary adalah salah satu bentuk jurnal dan diary hanya milik dan disusun oleh satu individu saja agar dapat mengingat pengalamannya yang pernah dialami, baik itu pengalaman menyenangkan, menyedihkan, atau bahkan pengalaman yang aneh. Sementara jurnal bisa ditulisi oleh beberapa orang dan penulisan jurnal juga melibatkan opini dan perspektif penulisnya. Bedanya, bahasan jurnal lebih luas dan tidak terpaku pada satu topik individu saja.

Okee, apa kalian sudah mengerti tentang bedanya jurnal dan diary? Kalau kalian sudah memahami atau sudah mengerti dan juga sudah membaca dengan cukup jelas. Itulah yang bisa kami sampaikan kepada kalian tentang jurnal dan dairy, semoga apa yang sudah disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa cek postingan artikel lainnya di hibrkraft dan juga cek instagram kami. Sampai jumpa dipostingan berikutnya. Terimakasih.

 

Sumber referensi

  1. https://kbbi.web.id/jurnal.html
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Buku_harian
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Diary

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top