Film Sejarah Perjuangan Indonesia Terbaik

movie-918655_1280.jpg
pembuatan_film

Hello kawula muda. Welcome back! Masih dengan suasana menjelang peringatan hari film nasional nih, kita bakalan masih banyak ngebahas tentang berbagai film-film sejarah yang pastinya recommended banget buat kawula muda tonton nih. Karena diartikel sebelumnya kita sudah ngbahas tentang film biografi, kali ini kita bakal ngebahas tentang beberapa film sejarah perjuangan indonesia terbaik yang wajib banget kawula tonton. Check it out!

2010-september-darah-garuda

sumber: coretanfilm.wordpress.com

Darah Garuda

Film aksi, drama, perang fiksi ini mengisahkan tentang 4 prajurit Indonesia yang berasal dari suku dan ras yang berbeda serta memiliki keyakinan agama yang berlainan bersama bersatu melawan penjajahan Belanda. Dan disatukan dengan satu keinginan, yaitu MERDEKA. Film ini mengambil setting saat Agresi Militer Belanda I terjadi yaitu tahun 1947. Para 4 kadet ini terhubung dengan kantor pusat Jendral Sudirman dimana mereka diberi sebuah tugas sangat rahasia di belakang garis musuh di Jawa Barat: sebuah serangan gaya komando pada lapangan udara vital yang dapat membalikkan perlawanan para pemberontak melawan kezaliman yang telah dilakukan Jendral Van Mook pada Agustus 1947. Menembus dalam ke hutan, mereka bertemu dengan kelompok lain dari separatis Islam, juga sekutu baru maupun yang potensial berkhianat: mata-mata kolonial dengan pangkatnya sendiri dan sekutu orang-orang sipil dari jalanan; dan musuh lama yang bertanggung jawab atas intelijen Belanda.

Terkepung, baik oleh musuh dari luar maupun dari dalam, para pahlawan harus bersatu dan saling percaya karena mereka berjuang demi mengejar satu tujuan: Kemerdekaan. Film ini dibintangi antara lain oleh Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Darius Sinathrya, Ario Bayu, Teuku Rifnu Wikana, Rahayu Saraswati, Rudy Wowor, Astri Nurdin, Alex Komang, dan Aldy Zulfikar.

Pengkhianatan-G30S-PKI.jpg

sumber: www.layar.id

Pengkhianatan G 30S PKI 

Siapa yang ga kenal sama film satu ini. Film propaganda legendaris ini disutradarai Arifin C. Noer dan diproduksi oleh PPFN pada 1984. Film yang wajib ditayangkan di televisi pada setiap tanggal 30 september di era pemerintahan Soeharto ini menceritakan tentang penculikan dan pembunuhan 7 jenderal meskipun di era pemerintahan habibie film ini berhenti ditayangkan. Kisah tentang tujuh jenderal yang bertahan dan memperjuangkan kemurnian pancasila ini, diculik dan dibunuh kemudian jasad mereka dikubur didalam lubang buaya. Tujuh jenderal ini  dirasa sangat berbahaya untuk PKI, dengan akhirnya PKI membantai tujuh jenderal kepercayaan Presiden Soekarno ini. Film ini menjadi wakil sejarah para tujuh jenderal dengan kegigihan dan kesetiaan mereka dalam mempertahankan kemurnian pancasila kita dan menghapus ideologi komunis dalam diri penerus bangsa.

7f2bd182ecb12495445574224c9faaf8-010254200_1427119007-dibalik_98 (1).jpg

sumber: www.bintang.com

Dibalik 98

Film yang menceritakan tentang kerusuhan besar yang terjadi pada tahun 1998, ketika Presiden Soeharto dipaksa turun dari jabatannya dan menandakan berakhirnya orde baru. Film ini lebih menceritakan tentang kemanusiaan beberapa orang biasa bukan dari sudut pandang politis. Chelsea olivia dan Boy William selaku mahasiswa dari segi manhasiswa, Donny Alamsyah dan Fauzi Baadilah dari sisi militer dan Teuku Wisnu Wikana yang mewakili dari sisi rakyat kecil. Film ini menceritakan tentang kesetiaan ajudan-ajudan pemerintahan yang sangat setia terhadap jabatan dan tugas yang dia emban untuk pemerintah.

Itulah tadi sedikit rekomendasi beberapa film sejarah perjuangan indonesia terbaik di masanya. Selamat menonton!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: