3 Film Biografi Indonesia Terbaik

soekarnoM1-640x260
film_soekarno

sumber: sidomi.com

Hello kawula muda. Welcome back! Menjelang hari film nasional yang diperingati tanggal 30 maret nanti, dalam artikel kali ini kita bakalan banyak ngebahas tentang beberapa film-film biografi indonesia yang diangkat dari kisah beberapa tokoh pahlawan indonesia.

Apasih film biografi itu?

Film biografi adalah sebuah film yang mendramatisasikan kehidupan orang atau tokoh dalam kehidupan nyata. Film-film semacam itu menampilkan kehidupan dari seorang tokoh sejarah dan menggunakan nama asli dari karakter utama. Nah setelah kawula muda paham tentang arti film biografi itu sendiri, sekarang kita kasih beberapa film biografi indonesia terbaik yang pastinya wajib banget nih kawula muda tonton. Check it out!

846314-Soekarno_film_postercopy-1425233744-400-640x480

sumber: tribune.com

Soekarno

Film yang diangkat dari tokoh nyata sang proklamator indonesia yang mengisahkan perjuangan beliau untuk memerdekakan negara indonesia. Kisah ini dimulai saat Soekarno kecil dan beberapa cerita tentang kegigihannya atas perjuangan beliau untuk memerdekakan negara indonesia dengan mengatakan ”kita harus merdeka sekarang!!!” begitu teriakan Soekarno diatas podium yang saat itu masih berumur 24 tahun. Dan beberapa kisah tentang jatuh cintanya Soekarno dengan gadis muda yang bernama Fatmawati yang saat itu Soekarno sendiri masih mempunyai istri, yaitu Inggit Garnasih. Sebuah film yang disutradarai Hanung Bramantyo ini sukses banget mengangkat kisah sang presiden pertama republik indonesia ini.

Soegija[2].jpg

sumber: www.apakabardunia.com

Soegija

Seorang Uskup pribumi pertama di Indonesia yang bertugas sebagai uskup di Semarang pada tahun 1940 – 1949. Jadi bisa dibilang Mgr. Albertus Soegijapranoto, SJ ini menjadi uskup di Indonesia ketika Indonesia mengalami 3 jaman yaitu jaman penjajahan Jepang, jaman penjajahan Belanda dan jaman Kemerdekaan. Beliau berjuang mati-matian meringankan penderitaan rakyat di tengah kekacauan perang dan mencoba berdiplomasi di semua tingkat politik baik nasional maupun internasional. Dan atas perannya beliau mendapat gelar Pahlawan Nasional oleh Presiden Soekarno. Film ini menceritakan beberapa tokoh yang gigih perlawanannya terhadap penjajah, seperti Mariyem gadis muda yang merupakan salah satu umat uskup Mgr. Albertus Soegijapranoto, SJ yang berjiwa nasionalis tinggi. Kisah hidupnya sangat menyedihkan. Dan ada pula tokoh yang sangat menarik, yaitu kisah seorang pemuda buta huruf berumur sekitar 15 tahun yang bernama Banteng. Yang satu-satunya bisa dia baca adalah tulisan MERDEKA. Pejuang muda yang buta huruf itu ikut dalam serangan mendadak ke markas Robert. Pasukan Robert bisa dikalahkan dan hebatnya, pejuang muda buta huruf itu yang berhasil menembak mati Robert dengan pistol kebanggaannya.

Dengan bangganya, Pejuang muda buta huruf itu berkata pada mayat Robert dalam bahasa Jawa yaitu : saiki kowe ora iso moco to? Ora koyo aku,  saiki aku iso moco, MERDEKA!!! Yang artinya : sekarang kamu tidak bisa membaca kan? (karena sudah mati) Tidak seperti saya yang sudah bisa membaca yaitu MERDEKA.

garin-tegaskan-tak-ada-sensor-di-film-guru-bangsa-tjokroaminoto-dC4nht2hC2.jpg

sumber: celebrity.okezone.com

Tjokroaminoto

Sebuah film yang menceritakan tentang guru bangsa Tjokroaminoto. Tentang segala perjuangan nya membangun pendidikan yang baik dan religus dengan tujuan untuk menetaskan penerus-penerus muda yang cerdas. Mulai dari perjuangan beliau meninggalkan segala kemewahan dari keluarganya dan membangun serikat islam yang penuh pertentangan dari kaum komunis. Tjokro yang intelektual, pandai bersiasat, mempunyai banyak keahlian, termasuk silat, mesin, hukum, penulis surat kabar yang kritis, orator ulung yang mampu menyihir ribuan orang dari mimbar pidato, membuat pemerintah Hindia Belanda khawatir, dan membuat mereka bertindak untuk menghambat laju gerak Sarekat Islam yang pesat. Perjuangan Tjokro lewat organisasi Sarekat Islam untuk memberikan penyadaran masyarakat, dan mengangkat harkat dan martabat secara bersamaan, juga terancam oleh perpecahan dari dalam organisasi itu sendiri. Beberapa murid Tjokro yang kemudian menjadi tokoh-tokoh besar seperti Soekarno meneruskan cita-cita mulia beliau.  Film yang diperankan oleh Reza Rahardian sebagai tokoh utama sang guru bangsa Tjokroaminoto sangat mengundang perhatian dalam aktingnya yang luar biasa difilm ini.

 

Itulah tadi beberapa rekomendasi film-film biografi terbaik indonesia. Recommended banget buat kawula muda tonton.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: