Hari Air Sedunia

water-2057924_1920.jpg
air_kehidupan

Welcome back kawula muda! Selamat hari air sedunia guys! Ohiya kawula muda udah pada tau belum kalau hari ini adalah World Water Day? Buat sebagian kawula muda yang belum tau nih tentang apa itu world water day atau kenapa ada peringatan tentang hari air sedunia dan bagaimana sejarahnya? Kita bakal bahas banyak tentang world water day sesuai tema hari ini. Check it out!

World Water Day?

Adalah peringatan hari air sedunia yang bertujuan sebagai penyadaran masyarakat terhadap pentingnya air dalam pemanfaatannya dan pengelolaan sumber-sumber air yang berkelanjutan. Jadi, sebuah bentuk informasi yang ditujukan kepada masyarakat, agar masyarakat lebih memanfaatkan air yang sangat penting untuk hidup kita dan resiko-resiko apa yang akan terjadi jika kita tidak melakukan pemanfaatan dan pengelolaan sumber air. Bahaya kan kalau kita sampai kekeringan air atau keterbatasan air hanya karena manusianya sendiri yang tidak bisa mengelolanya secara baik.

Kenapa sih ada peringatan Hari Air Sedunia?

Sejarahnya, World Water Day adalah inisiatif rekomendasi dalam sidang umum PBB ke-47 perihal pembangunan dan lingkungan (United Nations Conferece on Environment and Development) atau yang biasa disingkat UNCED. Akhirnya pada 22 desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil yang direspon Majelis Umum PBB melalui resolusi nomor 147/1993 dengan menetapkan 22 maret 1993 sebagai perayaan pertama kali Hari Air Sedunia. PBB bersama anggota negara merayakan Hari Air Sedunia ini sebagai bentuk kampanye dengan tujuan untuk mempromosikan konservasi air secara global melalui kegiatan yang nyata. Jadi, tujuan utamanya diadakan Hari Air Sedunia agar masyarakat tidak hanya memahami masalah tentang air, masyarakat bisa ikut membantu untuk pengelolaan sumber air.

glass-2655954_1920

Apasih yang harus kita lakukan sebagai bentuk bahwa kita memanfaatkan air yang baik. Gini guys, air itu merupakan sumber kehidupan yang paling penting dan yang bukan hanya sekedar untuk kita minum, mandi atau sebagainya. Beberapa perkerjaan memerlukan air yang digunakan sebagai sumber daya.  Kebayang ga sih ketika air menjadi terbatas, bukan hanya kita ga bisa minum atau mandi, tetapi juga beberapa pekerjaan akan terhambat dan menjadi masalah ekonomi. Bahaya banget ga sih kawula muda?

Untuk itu kita sebagai generasi penerus diharapkan bisa ikut membantu dalam pemanfaatan air serta pengelolaan sumber air. Untuk hal sederhana saja seperti, menggunakan air secukupnya saat mandi, jangan melakukan pencemaran air dengan membuang sampah sembarangan, menanam pohon dan hal-hal yang membantu mengurangi polusi sehingga kualitas air tetap terjaga.

Selamat Hari Air Sedunia kawula muda!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: