5 Kontroversi SUPERSEMAR Yang Masih Menjadi Misteri

YDBgShpDgh.jpg
soekarno_supersemar

sumber: www.sketsaunmul.co

Welcome back kawula muda! Masih dengan suasana sejarah dibulan maret ini nih guys, emang banyak banget loh cerita-cerita menarik soal sejarah negara kita atau cerita tentang beberapa tokoh dibalik sejarah. Dan sesuai request dari commenters yang lain, kita masih ngebahas seputar supersemar dan beberapa cerita menarik yang masih menjadi misteri sampai sekarang ini.

Lanjutan dari pembahasan artikel kemaren soal supersemar, ada beberapa fakta menarik dibalik cerita supersemar ini yang bahkan masih menjadi misteri. Check it out!

foto-supersemar-lemahkan-soekarno-wibawa-pemimpin-besar-revolusi-meredup

sumber: nationalgeographic.co.id

  1. Supersemar adalah transfer of autority?

Banyak yang mengira nih guys kalau supersemar yang ditandatangani oleh Presiden Soekarno tersebut adalah pemindahan kekuasaan atau pengalihan kekuasaan kepada Mayjend Soeharto, bahkan Soeharto sendiri beranggapan seperti itu pula, padahal Soekarno sudah menegaskan kepada masyarakat bahwa supersemar bukan transfer kekuasaan. Supersemar yang dimaksud Soekarno, surat itu adalah perintah pengendalian keamanan, termasuk keamanan dirinya selaku Presiden dan keluarganya. Soekarno pun pernah menekankan, surat itu bukanlah transfer of authority.

 

  1. Hilangnya supersemar?

Ada tiga versi surat supersemar, versi pertama dari Sekretariat Negara, versi kedua dikeluarkan dari Pusat Penerangan TNI AD, dan yang ketiga tidak diketahui asalnya bahkan sangat berbeda dari versi pertama dan kedua. Namun Arsip Nasional Republik Indonesia masih belum bisa mengungkapkan keaslian dari ketiga surat tersebut. Dan keaslian surat tersebut masih menjadi misteri. Dan dari situlah rumor beredar bahwa supersemar yang asli telah hilang.

 

  1. Siapakah pengetik supersemar?

Masih belum tau pasti siapakah pengetik surat ‘sakti’ ini. Ada beberapa orang yang mengaku mengetik surat itu, antara lain Letkol (Purn) TNI-AD Ali Ebram, saat itu sebagai staf Asisten I Intelijen Resimen Tjakrabirawa. Tetapi pengakuan tersebut masih belum jelas dimana keaslian surat tersebutpun masih menjadi misteri.

 

  1. Soekarno dalam tekanan?

Lagi-lagi rumor yang beredar bahwa Soekarno dalam tekanan saat menandatangani supersemar, Soekarno dipaksa untuk menyetujui isi dalam surat tersebut. Menurut Asvi, sebelum 11 Maret 1966, Soekarno pernah didatangi oleh dua pengusaha utusan Mayjen Alamsjah Ratu Prawiranegara. Kedua pengusaha itu, Hasjim Ning dan Dasaad, datang untuk membujuk Soekarno menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Akan tetapi, Soekarno menolak, bahkan sempat marah dan melempar asbak. “Dari situ terlihat ada usaha untuk membujuk dan menekan Soekarno telah dilakukan, kemudian diikuti dengan pengiriman tiga jenderal ke Istana Bogor,” ungkap Asvi. Akan tetapi Soekarno menjelaskan pada masyarakat bahwa surat tersebut hanya surat pengendalian dalam kekacauan yang terjadi saat itu.

Tidak ada yang tahu bagaimana proses sebenarnya dalam penandatanganan surat ‘sakti’ itu.

 

  1. Misteri bungkamnya para saksi

Entah apa penyebabnya para saksi penandatanganan supersemar tersebut bungkam. Baik dari para saksi para perwira yang mendatangi Presiden Soekarno, maupun sang Mayjend Soeharto itu sendiri bungkam hingga akhir hayatnya. Karena hal itulah surat ini menjadi banyak kontroversi dan beberapa kejadian yang masih menjadi misteri kebenarannya sampai sekarang.

 

Itulah tadi beberapa kontoversi tentang supersemar yang masih menjadi misteri kebenarannya. Semoga hal-hal seperti supersemar dan berbagai kontroversinya tidak terjadi lagi di era sekarang ya kawula muda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: