Women’s Day

womens-day-3198004_1920

Welcome back kawula muda. Ada yang tau tanggal 8 Maret hari apa? Ga banyak tau sih karena bukan hari libur nasional. 08 Maret adalah Hari Perempuan Internasional. Hari Perempuan Internasional diresmikan pada tahun 1977 sebagai perayaan tahunan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk memperjuangkan hak perempuan dan mewujudkan perdamaian dunia.

Artikel kali ini kita bakalan ngebahas banyak mulai dari sejarah asal mula hari Women’s Day dicetuskan, tujuannya dan harapan bagi bangsa dengan adanya hari perempuan internasional ini khususnya bagi para wanita ya guys.

Jadi sebelum kita ngebahas lebih banyak kita kasih tau dulu nih asal mula dicetuskannya hari perempuan internasional ini.

womens-march-2001566_1920.jpg

Sejarahnya, hari istimewa ini berawal dari perjuangan-perjuangan wanita yang mengalami banyak berbagai pertentangan dengan segala  macam bentuk penindasan. Pada tanggal 08 Maret 1857 di New York para buruh perempuan melakukan aksi demonstrasi mulai dari perbaikan upah, perbaikan jam kerja maupun perbaikan kesejahteraan. Nah, karena hal itu mucullah aksi-aksi demonstran di berbagai negara-negara eropa. Dari aksi-aksi tersebut, pada tahun 1920 diadakannya lah konferensi Internasional yang diadakan di kota Copenhagen, Salah satu hasi konferesi tersebut adalah menghormati dan menghargai pencapaian perempuan sehingga diadakannya lah sebuah hari peringatan perempuan internasional. Dan akhirnya hari ini diperingati diseluruh dunia dengan berbagai perayaan seperti melakukan penampilan karya seni, kegiatan-kegiatan sosial dan lain lain.

Nah ada beberapa fakta menarik tentang Hari Perempuan Internasional ini. Check it out!

  1. Setiap 8 maret, sebanyak 15 negara termasuk Cina, Ukraina dan Vietnam menyatakan libur resmi untuk merayakan Hari Perempuan Internasional.
  2. Hari Perempuan Internasional dirayakan pertama kali pada tanggal 19 maret 1911 di Austria, Denmark, Jerman dan Swiss. Lebih dari satu juta orang berunjuk rasa dan mengampanyekan hak-hak perempuan.
  3. Clara Zetkin menggagas ide untuk melakukan perayaan Hari Perempuan Internasional.
  4. Australia membuat lampu lalu lintas unik dengan menyiapkan lampu bergambar siluet seorang wanita, yaitu Mary Rogers yang merupakan gubernur wanita pertama di negara bagian victoria. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan hari perempuan internasional.

Itulah tadi pembahasan kecil tentang Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional mulai dari sejarah sampai beberapa fakta menarik tentang Women’s Day. Selamat Hari Perempuan Internasional girls.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: