Langkah-Langkah Membuat Perencanaan Yang Baik Dan Efektif

writing-1149962_1920 (1).jpg
writing_planning

Dalam dunia kerja atau organisasi, kita perlu banget membuat perencanaan. Perencanaan berisi program-program kerja kamu untuk mencapai tujuan dari perencanaan itu sendiri. Dalam manajemen, perencanaan adalah proses dari mendefinisikan tujuan, membuat strategi untuk mencapai tujuan tersebut, dan mengembangkannya.  Untuk itu perencanaan merupakan bagian terpenting untuk mencapai tujuan dari perencanaan tersebut.

Lalu, apa saja langkah-langkah dalam membuat perencanaan yang baik dan efektif?

Sebelum kamu membuat perencanaan, lebih baik kamu memahami jenis-jenis perencanaanya. Menurut Robbins dab Coulter, perencanaan ada dua jenis.

  • Rencana formal

Rencana tertulis yang telah ditetapkan dan harus dilaksanakan suatu perusahaan atau organisasi dalam jangka waktu tertentu dan merupakan rencana bersama. Rencana formal ini dibentuk untuk mengurangi ambiguitas dan menciptakan kesepahaman tentang apa yang harus dilakukan untuk tujuan bersama sebuah organisasi atau perusahaan.

 

  • Rencana informal

Rencana yang tidak tertulis dan bukan merupakan tujuan bersama anggota suatu organisasi. Rencana informal ini biasanya mencakup pada kemampuan anggota dalam hubungannya dengan seorang manager. Maksudnya tidak tertulis disini adalah rencana yang tidak ada dalam ADRT sebuah perusahaan atau organisasi, rencana ini bersifat tidak tetap hanya berada pada kondisi tertentu saja.

 

Setelah kamu memahami pengertiannya, dan jenis-jenis perencanaan itu sendiri, lalu inilah langkah-langkah membuat perencanaan yang baik dan efektif.

target-1506088_1920.jpg

  1. Melihat peluang

Suatu kesempatan merupakan titik awal yang sebenarnya dari perencanaan. Suatu kemampuan untuk melihat peluang-peluang dengan jelas dan bisa juga dibillang sebagai suatu visi tentang harapan yang akan kamu dapatkan.

 

  1. Tentukan tujuan

Tentukan tujuan kamu membuat perencanaan, gambarkan tujuan serta hasil akhir dari tujuan tersebut. Buatlah perencanaan sesuai dengan tujuan kamu, agar memudahkan kamu dalam melakukan proses perencanaan yang kamu buat.

 

  1. Tentukan premis

Premis berisi asumsi-asumsi perencanaan. Artinya, lingkungan yang diharapkan dari rencana-rencana yang sedang dilaksanakan. Premis perencanaan yang semakin konsekuen dan semakin dipahami oleh kamu sendiri akan membuat perencanaan semakin terkoordinasi.

 

  1. Menentukan alternative lain

Artinya adalah mencari dan memeriksa arah-arah alternatif dalam tindakan, khususnya yang tidak kelihatan dengan cepat.

 

  1. Mengevaluasi

Adalah kegiatan yang telah dilakukan perlu dilakukan evaluasi kekurangan dari tindakan alternative yang diambil dan dirasa menghambat atau menggangu jalannya kegiatan tujuannya agar tidak terjadi kesalahan para tahap-tahap selanjutnya dari kegiatan tersebut.

 

  1. Memilih satu arah tindakan

Artinya langkah yang terakhir dari perencanaan ini merupakan langkah yang paling menentukan untuk melanjutkan pada proses pelaksanaan.

 

Itulah tadi langkah-langkah dalam membuat sebuah perencanaan yang baik dan efektif. Semoga menjadi referensi kamu ya. Selamat mencoba!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: