Waktu-Waktu Yang Pas Untuk Beraktivitas

alarm-clock-2116007_1920.jpg
morning_coffee

Setiap rutinitas kita sehari-hari punya porsi waktu yang pas dan tepat. Sederhananya, waktu untuk istirahat, makan, berolahraga, kerja, ataupun aktivitas lainnya mempunya porsi waktunya masing-masing. Kamu perlu tahu tiap kegiatan tersebut harus kamu lakukan diwaktu yang tepat. Karena pada dasarnya, tubuh memiliki jam biologis yang mengatur berbagai fungsi organ sepanjang hari agar bekerja sesuai ritme yang telah ditentukan. Mulai dari jantung, usus hingga sistem hormonal mengalami perubahan sejak pagi hari hingga tengah malam. Nah, kartena jam biologis yang selalu berubah seiring pertambahan usia, maka kamu perlu mengetahui waktu ideal yang pas untuk beraktivitas.

time-2980690_1920

  1. Waktu untuk istirahat (00:00-00:29)

Kamu akan merasa lebih lelah dan mengantuk karena produksi hormon melatonin (hormon tidur) yang meningkat. Otak juga akan membersihkan racun-racun dan sisa-sisa zat yang tertimbun akibat berpikir keras seharian penuh. Seluruh informasi yang kamu terima hari itu akan disimpan otak ke dalam memori jangka pendek dan jangka panjang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu tidak makan atau minum pada jam-jam ini karena usus sedang menjalani proses pembersihan atau detoksifikasi. Jika masih terjaga apalagi sampai merasa nggak mengantuk, maka berhati-hatilah. Tingkat kewaspadaan kita berada di titik terendah pada jam ini. Jangan heran jika terjadi kecelakaan kerja ketika bekerja malam hari.

 sleep-1209288_1920.jpg

  1. Waktu dimana kamu malas bangun (03:00-05:59)

Suhu tubuh akan mencapai titik terendah pada jam ini karena cadangan energi yang ada akan dialihkan dari menghangatkan badan ke fungsi penting lainnya. Misalnya, yaitu memperbaiki kulit atau melawan infeksi. Hal ini membuat kamu sering merasa mengantuk dan malas bangun karena tubuh yang terus memproduksi hormon melatonin. Meski begitu, rasa malas yang kamu rasakan akan berkurang menjelang pagi hari.

running-2938600_1920.jpg

  1. Waktu yang berbahaya untuk berolahraga, terutama penderita gangguan jantung (06:00-08:59)

Banyak orang percaya kalau berolahraga di pagi hari akan berdampak baik buat tubuh. Padahal, terdapat satu fakta yang nggak banyak orang tahu bahwa di jam-jam ini adalah waktu yang paling rentan untuk jantung. Kenapa? Karena sejumlah pembuluh darah sedang dalam keadaan kaku dan lebih kaku dari waktu-waktu lainnya. Darah lebih kental dan lengket, sehingga tekanan darah sedang berada pada puncaknya. Maka, sebisa mungkin kamu hindari berolahraga pada jam-jam ini ya karena berisiko mengalami serangan jantung. Selain itu, produksi hormon melatonin pun akan berhenti pada jam ini.

woman-2773007_1920.jpg

  1. Waktu yang tepat untuk beraktivitas (09:00-11:59)

Tubuh sedang gencar memproduksi hormon stress yang disebut kortisol pada jam-jam ini. Hormon ini bertugas untuk membuat pikiranmu jadi lebih waspada. Selain itu, memori jangka pendekmu juga akan bekerja lebih baik pada waktu pagi menjelang siang. Jam ini adalah waktu paling produktif untukmu sebelum makan siang. Jadi, kamu harus menjaga ritme untuk tetap sibuk pada jam ini, ya!

girl-1064658_1920.jpg

  1. Waktu dimana pencernaan kamu sedang aktif (12:00-14:59)

Pada jam-jam ini, kerja sistem pencernaan sedang sibuk-sibuknya mengolah makanan yang penuh didalam perut sedari pagi. Cadangan energimu akan digunakan tubuh untuk mencerna makanan, sehingga banyak orang bilang waktu ini adalah ‘jam mengantuk’. Selain itu, tingkat kewaspadaan kamu juga akan menurun. Maka, kamu disarankan untuk nggak melakukan aktivitas berat pada jam ini. Dan lebih baik lagi sempatkan untuk tidur siang minimal satu jam.

runners-635906_1920

  1. Waktu yang tepat untuk berolahraga (15:00-17:59)

Di sore hari, ada peningkatan suhu tubuh secara alami yang membuat jantung dan paru-paru bekerja lebih baik dan otot lebih kuat dibandingkan titik terendah di jam tertentu. Hal ini tentu berguna jika kamu ingin berolahraga dan membutuhkan pemanasan. Berolahraga pada sore hari adalah pilihan yang tepat untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahkan, beberapa atlet mencoba menggunakan waktu ini sebagai waktu terbaik untuk meningkatkan peluang mereka memecahkan olahraga rekor dunia, lho!

buffet-2953875_1920.jpg

  1. Waktu dimana pencernaan sedang melemah (18:00-20:59)

Hati-hati dengan makanan yang kamu konsumsi pada jam ini. Para ahli nggak menyarankan kamu makan terlalu banyak pada malam hari karena pencernaan sudah tidak bekerja sebaik di siang hari. Sebaliknya, hati sedang berfungsi secara maksimal untuk memproduksi protein yang diperlukan tubuh dan membersihkan darah dari berbagai zat beracun. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan berlebihan pada jam ini ya.

people-2537324_1920.jpg

  1. Bersiaplah untuk istirahat (21:00-23:59)

Jika kamu adalah orang yang suka bangun pagi, otak akan memproduksi hormon melatonin lebih cepat, yaitu sekitar pukul 9 malam. Hasilnya, kamu akan mengantuk lebih cepat sebelum larut malam. Jika kamu sering begadang dan bangun lebih siang, hormon tidur tersebut juga akan dihasilkan lebih lambat pada larut malam. Terlepas dari perbedaan jam mengantuk, pada jam-jam inilah waktu yang tepat untuk mengurangi aktivitas dan bersiap-siap tidur.

 

Itulah tadi waktu-waktu yang pas untuk beraktivitas. Jika siklus-siklus diatas terganggu akan berampak buruk untuk kesehatan tubuh kamu juga. Jadi usahakan untuk selalu menepati jadwal yang sudah diatur secara alami oleh jam biologis tubuhmu, ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: