6 Langkah Mudah Membuat Jadwal Kegiatan Sehari-hari

day-planner-828611_1920
plainning_activity

Sebagai invidu sosial yang mempunyai segudang aktivitas yang terkadang membuat kita sulit untuk mengatur ataupun membagi porsi waktu untuk masing-masing kegiatan. Dampaknya banyak kesalahan atau bahkan beberapa moment yang kita lewatkan begitu saja. Penting untuk kita mengelola waktu agar hidup kita lebih teratur dan tidak banyak membuang-buang waktu. Membuat target waktu untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatan kita sesuai dengan porsi waktunya masing-masing. Untuk itu kita memerlukan reminder atau membuat susunan jadwal kegiatan agar kita bisa melakukan seluruh kegiatan kita lebih efisien.

Berikut langkah-langkah dalam membuat jadwal kegiatan sehari-hari.

caesar-14

  1. Kamu harus mempunyai buku catatan kecil (notebook) yang akan difungsikan sebagai wadah kamu untuk membuat jadwal kegiatan sehari-hari kamu. Belilah buku catatan yang unik dan menarik sehingga kamu selalu tertarik untuk menulis serangkaian aktivitas kamu dibuku itu.

 

  1. Tulislah susunan kegiatan kamu setiap hari, dimulai dari kamu bangun tidur sampai istirahat. Cantumkan jam-jam berapa kamu melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Fungsinya sih, agar kamu lebih mengontrol waktu kamu dan membagi rata waktu kamu untuk kegiatan lainnya.

 

 

  1. Kamu perlu juga menulis note note kecil yang berisi daftar kegiatan kamu untuk ditempelkan ditempat-tempat yang sering kamu lihat atau kamu lewatin, seperti pintu kulkas, pintu kamar kamu, meja belajar dan lain lain.

 

  1. Buatlah alarm sebagai reminder aktivitas kamu, misalnya ketika kamu sedang keasyikan menonton tv, alarm yang menunjukan waktunya kamu untuk bekerja akan mengingatkan kamu ditengah kamu asyik menonton tv.

 

 

  1. Berilah tanda bahwa kamu sudah menyelesaikan kegiatan-kegiatan tersebut pada jadwal kegiatan kamu dinotebook kamu. Ketika semuanya dapat kamu selesaikan, kamu dapat membuat jadwal baru untuk hari selanjutnya.

 

  1. Dengan kita membuat jadwal tersebut, akan menjadikan kamu lebih bertanggung jawab terhadap waktu yang kamu punya. Kamu jadi lebih terarah dan tidak membuang-buang waktu untuk hal-hal yang tidak penting.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai langkah-langkah dalam membuat jadwal kegiatan sehari-hari. Mulailah menjadwalkan kegiatan-kegiatan kamu, agar waktu yang kamu miliki bisa bermanfaat untuk banyak hal lainnya.

Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: