8 Tips Memanage Waktu Agar Lebih Efektif

time-2980690_1920
time_manage

Sebagai individu sosial, kamu disibukan dengan berbagai rutinitas kehidupan. Mulai dari keluarga, pekerjaan, dan ruang lingkup sosial kamu. Kepadatan waktu kamu itu yang akan membuat kamu hrus pintar dalam mengelola waktu. Pengelolaan waktu yang baik akan membuat hidup kamu bisa menjadi lebih efektif. Ada beberapa orang merasakan bahwa dengan segudang rutinitas mereka, mereka selalu merasa kehabisan waktu untuk hal lain dan membuatnya mengabaikan sekeliling. Sederhananya kurang menikmati  hidup. Itulah pentingnya kita dapat mengelola waktu dengan efektif, kita dapat membaginya sesuai porsi dan kebutuhan tiap-tiap rutinitas.

Sudah waktunya kamu mengelola waktu kamu dengan lebih efisien. Sehingga kamu lebih terfokus pada tujuan-tujuan hidup kamu dan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya.

Inilah 8 tips memenajemen waktu kamu agar lebih efektif.

checklist-1919292_1920

  1. Membuat daftar yang akan kamu lakukan (to do list)

To do list berisi daftar-daftar tugas yang saat ini kamu lakukan dan tugas-tugas yang akan datang serta menentukan target waktu kapan kamu menyelesaikannya. Susunlah berdasarkan tingkat kepentingannya, gunanya agar membantu kamu untuk menyelesaikan yang lebih penting terlebih dahulu.

 

  1. Atur prioritas kamu

Atur prioritas-prioritas kamu secara efisien. Susun berdasarkan tingkat kepentingannya. Tugas yang paling penting harus berada diperingkat paling tinggi didalam daftar. Jangan mengabaikan tugas-tugas penting untuk mencapai hasil yang tidak signifikan.

 

  1. Delegasi

Delegasi adalah seni yang dapat memberikan banyak manfaat bagi orang-orang yang harus melakukan banyak kegiatan. Maksudnya adalah, kenali tugas-tugas kamu sesuai dengan kemampuan kamu. Ingat, jangan memaksakan hal-ha yang diluar kemampuan kamu. Delegasikan tugas yg diluar kemampuan kamu kepada orang lain yang lebih mampu. Sehingga kamu punya banyak waktu untuk mengerjakan hal lain yang sesuai dengan kemampuan kamu.

 

  1. Jangan takut mengatakan TIDAK

Hal ini berhubungan dengan delegasi tadi. Kamu jangan pernah takut mengatakan tidak untuk hal-hal yang kamu tidak bisa kerjakan. Jangan membuang waktu untuk stress dalam menghadapi tugas yang diluar kemampuan kamu. Manfaatkan waktu kamu untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sesuai dengan kemampuan kamu.

 

  1. Membagi tugas

Kamu harus membagi antar tugas yang sedikit sulit dan mudah. Utamakan menyelesaikan tugas yang lebih mudah menurut kamu terlebih dahulu. Agar waktu kamu tidak terbuang-buang dengan tugas kamu yang lainnya.

 

  1. Jangan menunda-nunda

Cobalah untuk tidak menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas tugas kamu dilain waktu. Karena jika kamu melakukannya dengan terburu-buru, kamu akan lebih mudah keliru dan mengambil  keputusan yang salah.

 

  1. Hindari hal-hal yang akan mengalihkan perhatian kamu

Hindarilah hal apapun yang akan mengalihkan fokusmu dalam menyelesaikan tugas-tugas kamu. Jangan membuang waktu dengan hal-hal yang diluar dari tugas kamu. Buatlah deadline waktu untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut agar kamu tidak sesekali mencoba untuk melalaikannya.

 

  1. Jangan lupa sama diri sendiri

Setelah berkutat dengan seabrek tugas-tugas kamu tadi. Aturlah waktu untuk diri kamu sendiri, seperti meluangkan waktu untuk kesalon memanjakan badan kamu, atau pergi ketempat yang kamu suka. Berilah waktu untuk santai sebagai penghargaan kamu telah berhasil menyelesaikan tugas-tugas kamu.

 

Itulah tadi beberapa tips dalam memenajemen waktu agar waktu kamu jauh lebih efektif. Selamat mencoba!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: