5 Tips Cara Membuat Resolusi Tahunan Yang Benar

year-2726650_1920.jpg
new_year_2018

Hello 2018. Ga kerasa banget ya udah pergantian tahun. Saatnya mulai bikin planning schedule yang bakal apa aja kamu lakuin, bukan?. Ada yang sibuk ngatur agenda pekerjaan atau yang lagi asyik ngatur planning buat liburan. Selepas soal itu, pasti kamu juga mulai memikirkan target yang bakal kamu capai ditahun 2018 ini. Mulai merapihkan target-target yang belum sempet tercapai ditahun sebelumnya. Bagaimana menumbuhkan semangat untuk mencapai target-target tersebut? Kamu perlu memulai untuk membuat resolusi tahunan.

Apasih resolusi tahunan itu? Sederhananya, resolusi tahunan adalah list atau daftar yang akan kamu capai ditahun ini. Harapan-harapan kamu agar hidup kamu jauh lebih terarah dan berkualitas tentunya. Penting ga sih membuat resolusi tahunan? Gini deh, membuat resolusi tahunan itu bukan suatu kewajiban sih, hanya saja hal ini bisa membantu kita sebagai reminder untuk membuat pencapaian dalam hidup kita. Dan rencana atau target yang mau kita capai itu yang kita sebut resolusi.

Dalam judul artikel ini tertulis ‘cara membuat resolusi tahunan yang benar’ maksudnya sih bukan menyalahkan pendapat lain tentang cara-cara mereka membuat resolusi itu tidak benar, karena setiap orang punya selera sendiri dalam membuat resolusi tahunan. Lalu, mengapa saya bisa membuat resolusi tahunan dan menganggap cara yang saya buat benar? Karena cara ini sudah berdasarkan apa yang saya alami, dan saya berani memberikan informasi yang benar-benar sudah saya alami sendiri. Inilah 5 tips cara membuat resolusi tahunan yang benar.

checklist-2313804_1920

  1. Pilih satu hal yang paling penting yang harus kamu capai tahun ini yang belum sempat tercapai ditahun sebelumnya. Kenapa harus satu hal saja? Gini, salah satu fungsi dari pembuatan resolusi adalah kita bisa menyusun urutan prioritas yang akan kita capai. Susun dengan berdasarkan urutan yang paling penting yang harus dicapai ditahun ini. Dengan begitu kita bisa memfokuskan point per point yang akan kita capai terlebih dahulu berdasarkan nilai pentingnya yang benar-benar harus kamu capai.

955be08a99aa9457c92d39559e317a2d

  1. Kamu bisa buat riset tentang point-point penting yang bakal kamu lakuin setahun kedepan. Riset tentang perubahan yang kamu lakuin atau hal-hal baru yang kamu lakuin. Misalnya, kamu yang tadinya jarang baca jadi sering baca atau kamu berolahraga yang sebelumnya kamu ga pernah olahraga sama sekali.

 

 

  1. Catat tanggal dimulainya resolusi tahunan kamu mulai kamu jalankan. Ini penting banget yang bukan Cuma sebagai reminder kamu tapi bisa buat penilaian kamu untuk lebih upgrade dalam mencapai resolusi tahunan kamu ditahun ini untuk ditahun selanjutnya.

 

  1. Bikin komitmen yang kuat terhadap apa yang sudah kamu resolusikan ditahun ini. Dengan komitmen itu, kamu tidak menyepelekan hal-hal yang harus kamu capai. Komitmen yang kuat akan membuat kamu semakin semangat lagi buat mengejar dan mencapai apa yang pengen kamu wujudin ditahun ini.

 

 

  1. Sesekali berilah penghargaan atas diri kamu yang udah bisa mencapai salah satu dari point resolusi tahunan yang kamu buat. Fungsinya sih, biar kamu lebih semangat buat mencapai target di point-point resousi tahunan kamu selanjutnya.

 

Nah itu dia tadi 5 tips cara membuat resolusi tahunan yang benar yang bisa kamu jadikan referensi untuk kamu yang akan memulai membuat resolusi tahunan. Semoga bermanfaat!

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: