10 Tips sederhana memilih souvenir untuk perusahaan

woman-2591399_1920

Dalam Bahasa inggris, souvenir berarti cindera mata atau benda yang diterima oleh seseorang atau diberikan oleh seseorang kepada orang lain dengan tujuan sebagai symbol untuk mengingat sebuah momen atau kejadian tertentu pada waktu tertentu.

Fungsinya bisa sebagai branding sebuah produk perusahaan atau sebagai media pembeda dengan perusahaan lain, untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, membuat mind brand atau memasukan brand ke hati konsumen melalui souvenir. Biasanya berupa souvenir promosi yang diberikan gratis kepada client atau calon client.

Souvenir yang baik seharusnya yang biasa digunakan oleh si penerima souvenir, sehingga saat digunakan dapat mengingat si pemberi souvenir itu sendiri.

Berikut 10 tips sederhana memilih souvenir untuk perusahaan:

  1. Perhatikan jenis perusahaan yang Anda kelola saat ini

Perhatikan jenis perusahaan yang Anda kelola saat ini. Apakah perusaan Anda bergerak dalam bidang jasa, atau dalam bidang lainnya. Mengetahui hal ini dengan baik, tentunya memudahkan Anda dalam memilih jenis souvenir yang paling pas.

Contohnya, kalo perusahaanmu adalah perusahaan otomotif, mungkin gantungan kunci berbahan kulit adalah salah satu bentuk souvenir yang lebih sesuai daripada souvenir berupa sandal/bolpoin. Sebenernya tidak terlalu masalah sih, tapi souvenir yang bermanfaat dan digunakan oleh clientmu akan menjadi subtle marketing yang bagus untuk perusahaanmu, kan?

  • Perhatikan jenis kebutuhan souvenir Anda

Perhatikan juga fungsi souvenir yang akan dibuat. Apakah souvenir tersebut akan digunakan untuk ajang promosi bisnis, untuk promosi produk terbaru, untuk diberikan pada karyawan, dll. Mengetahui fungsi dari souvenir ini juga penting, sehingga Anda tahu, desain seperti apa yang tepat, untuk souvenir tersebut. selain itu, dengan memenuhi kebutuhan client, diharapkan souvenir dari kita dapat memberikan dampak manfaat bagi penggunanya.

955be08a99aa9457c92d39559e317a2d

  •  Fungsi souvenir

Setelah mengetahui jenis souvenir yang Anda butuhkan, berikutnya adalah memperhatikan fungsi dari souvenir tersebut. Pastikan souvenir tersebut bermanfaat untuk para pengguna, memberikan kenang-kenangan yang unik dan juga menarik. Yang pasti, mempresentasikan perusahaan Anda dengan baik.

Contohnya, jika perusahaan Anda bergerak dalam bidang perbankan. Tidak ada salahnya jika Anda memberikan souvenir berupa flashdisk, yang berbentuk kunci, atau bahkan buku tangungan. Hal ini akan mengingatkan pelanggan tentang perusahaan Anda.

library-3

  • Perhatikan Kualitas Souvenir 

Setelah memutuskan target pasar perusahaan Anda, tentunya Anda sudah punya gambaran tentang souvenir yang pas. Alangkah lebih baiknya jika Anda memilih souvenir dengan desain sederhana namun berkualitas baik. Tentu sangat tidak bijak bila Anda memilih souvenir berdesain rumit namun berkualitas rendah.

  • Cari penyedia jasa yang mampu menangani kebutuhan souvenir Anda

Berikutnya adalah memperhatikan penyedia jasa yang mampu menangani kebutuhan souvenir Anda. Untuk mencari penyedia jasa yang mampu menangani kebutuhan Anda cukup mudah, terutama ketika Anda mencari informasi ini secara online. Dewasa ini sudah banyak vendor yang mampu bekerja secara online dan tidak perlu melakukan meeting berkali-kali hanya untuk sebuah souvenir. Dalam pemilihan vendor souvenir, ada beberapa kriteria yang patut kita pertimbangkan sebelum kita memberi judgement apakah akan memesan di vendor tersebut atau tidak. Kriteria itu antara lain:

  1. Kredibilitas vendor. Pastikan vendor benar-benar ada dan bukan vendor abal-abal
  2. Jam terbang vendor. Biasanya vendor menampilkan portofolio pesanan yang pernah mereka kerjakan. Perhatikan detail dari portofolionya.
  3. Harga bersahabat dan negotiable.
  4. Vendor dapat dihubungi kapan saja, dan tidak sulit untuk berkomunikasi dengan vendor.

Hibrkraft5

  • Mendesain souvenir

Setelah menemukan penyedia desain yang dianggap tepat, berikutnya adalah mendesain souvenir tersebut. Untuk hal ini Anda dapat melakukannya secara online, atau mendatangi penyedia secara langsung. Diskusikan desain souvenir yang Anda inginkan secara langsung, dengan penyedia jasa tersebut. Apalagi di zaman serba modern ini, komunikasi dan diskusi dapat dilakukan tanpa harus melakukan tatap muka, cukup via instant messenger saja bukan?

21373292_141415146461749_7451578240616890368_n

  • Pilih souvenir yang unik

Souvenir yang terlalu umum seringkali tidak terpakai, bukan karena tidak bermanfaat, tapi karena menjadi terlalu “biasa”. Dengan souvenir yang unik, client kemungkinan besar menggunakan souvenir tersebut, bahkan dengan bangga dipamerkan kepada kolega dan rekan-rekannya.

  • Memastikan harga souvenir

Terakhir adalah memasikan harga produk yang Anda desain kompetitif, dan tidak over budgeting. Untuk mengetahui harga souvenir seperti ini, Anda dapat menanyakan secara langsung pada penyedia jasa, kemudian tanyakan juga minimal order untuk souvenir tersebut. Dengan demikian Anda akan mengetahui total budget yang harus dibayar, untuk souvenir tersebut. Pastikan budget yang dikeluarkan tidak melebihi budget yang telah dianggarankan sebelumnya, dan pastikan apa yang kita dapat sepadan dengan jumlah nominal yang dikeluarkan.

  • Pesan dari jauh-jauh hari

Usahakan untuk menyiapkan souvenir dari jauh-jauh hari. Apalagi jika jumlah souvenir cukup banyak, pasti akan membutuhkan banyak waktu untuk pengerjaannya. Anda dapat mengantisipasinya dengan memesan lebih awal.

Ada masa-masa dimana vendor cenderung kebanjiran order, yaitu di akhir tahun dan di awal tahun. Komunikasikan terlebih dahulu dengan vendor terkait kesanggupan untuk menyelesaikan pesanan sebelum keteter.

 

  1. Memilih vendor souvenir yang tepat

Sebaiknya anda membuat list beberapa vendor souvenir. di era sekarang lebih mudah mencari secara online. Kemudian anda dapat mulai melakukan penilaian dan procurement dari vendor-vendor tersebut, baik dari segi kualitas, harga, delivery, kredibilitas vendor, dan lainnya. Faktor-faktor ini seharusnya dapat disesuaikan dengan perusahaan anda.  Anda harus memperhatikan dari segi harga, keunikan souvenir serta kualitasnya.

Nah itulah 10 tips memilih souvenir yang tepat untuk perusahaan. Sebagai salah satu bahan referensi bisa anda cek di gallery instagram kami @hibrkraft untuk mendapatkan souvenir (corp gift) yang relevan untuk bisnis anda. Kami memproduksi buku catatan berbahan kulit yang dapat dicustom sesuai kebutuhan perusahaanmu loh. Feel free to ask! Cheers!

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: