8 Perayaan Hari Ibu Diseluruh Dunia

motherhood-2491045_1920.jpg
mother_love_son

Peran ibu sangat besar dan penting dalam hidup kita, kasih sayang dan cintanya yang tak terbatas serta pengorbanan besarnya yang telah melahirkan kita kedunia. Kasih sayangnya tak pernah lekang oleh waktu. Sebagai anak, kita tidak pernah bisa membalas segala yang telah diberikan seorang ibu kepada anaknya. Dan setiap anak mempunyai arti atau penghargaannya sendiri terhadap ibunya.

Ternyata selain 22 desember yang diperingati sebagai hari ibu di indonesia, negara lainpun punya tanggal sendiri dan tradisi untuk merayakannya. Yuk disimak.

hari-ibu-inggris.png

sumber: www.prweb.com

  1. Mothering Day (Inggris)

Hari ibu diinggris jatuh pada pertengahan maret atau awal april atau tepatnya 3 minggu sebelum paskah. Anak-anak biasanya pergi kegereja dekat rumah ibunya. Sejarahnya dulu, banyak anak-anak yang merantau dengan usia yang mereka masih pada belia. Nah, hari Mothering Day ini dijadikan moment bagi mereka untuk menemui ibu mereka masing-masing karena pekerja diliburkan dan diperbolehkan mengunjungi orang tua mereka dihari Mothering day. Mereka merayakannya dengan memberikan coklat dan bunga untuk sang ibu.

The-8-Best-Mother’s-Day-Gifts-to-Buy-Mom-This-May-300x180 anna jarvis.jpg

sumber: Blog Sentomaru

  1. Hari Ibu sebagai Aksi Perdamaian (Amerika)

Sejarah Hari Ibu di Amerika ini lumayan panjang. Dimulai sekitar satu abad yang lalu, seorang tokoh perempuan Ann Jarvis terinspirasi oleh penyair Julia Howe yang memproklamasikan hari ibu sebagai aksi perdamaian. Di masa perang dunia, Ann Jarvis mengajak perempuan untuk bekerja demi sanitasi yang baik. Hari ini disebutnya dengan Hari Kerja Ibu. Pemilihan hari Minggu, dikarenakan hari Minggu dianggap hari yang suci. Perjuangan Ann Jarvis dilanjutkan oleh putrinya yaitu Anna Jarvis yang menuntut pengakuan atas Hari Ibu secara resmi. Pada setiap Minggu kedua bulan Mei, Anna Jarvis mengirimkan 500 tangkai bunga Anyelir ke gereja Ibunya untuk dibagikan kepada ibu-ibu di sana. Berawal dari Amerika, tradisi perayaan hari ibu di Minggu Kedua bulan Mei dan bunga Anyelir menjadi tradisi di banyak negara lainnya.

053410400_1419221296-hariibu5.jpg

sumber: Citizen6 – Liputan6.com

  1. Te quiero’ Ibu (Spanyol)

Di spanyol hari ibu jatuh pada tanggal 8 desember. Tidak ada perayaan resmi, anak-anak biasanya merakannya dengan memberikan kado-kado kecil untuk ibu sebagai bentuk rasa cintannya kepada sang ibu ditambah ucapan cinta untuk ibunya, yaitu ‘Te quiero’.

IMG_8144.jpg

sumber: www.descosido.com

  1. Dia Des Las Madres (Meksiko)

Hari Ibu atau Dia Des Las Madres sudah dilakukan sejak era pagan. 10 Mei menjadi tanggal momen penting ini. Di hari itu, semua orang akan menyanyikan lagu Las Mananitas dari The Virgin untuk ibu masing-masing. Virgin adalah simbol dari Ibu. Namun baru menjadi resmi secara nasional ketika jurnalis menulis tentang pentingnya selebrasi hari ibu di tahun 1922. Pada hari yang sama, Meksiko menyedikan makanan bagi seluruh Ibu. Momen ini disebut dengan tamale dan atole. Selain memberi bunga, anak-anak juga akan memberikan hadiah. Biasanya anak yang sudah tua dan bekerja memberikan hadiah yang paling mahal. Perayaan di meksiko ini paling meriah karena ada pentasnya.

11-10-16 Nagaon- Durga Puja Sindur Khela (1).jpg

sumber: NELive.in

  1. Festival Pujha Durga (India)

Banyak versi hari ibu diindia. Ada yang merayakannya sesuai tanggal ditradisi barat, yaitu hari minggu kedua bulan mei. Ada pula yang merayakannya dtanggal 22 desember. Namun, kebanyakan dari mereka merayakannya sesuai dengan festival Pujha Durga. Festival ini merupakan sebuah penghormatan kepada dewi durga yang dianggap sebagai ibu universal atau alam semesta. Mereka merayakaanya dengan cara memberikan kado spesial untuk sang ibu. Hari dimana menjadi moment anak untuk memanjakan sang ibu dan mengalihkan tugas-tugas ibu drumah sehingga sang ibu diharuskan bersantai saja.

hipwee-Hari-Ibu-Jepang-750x500.jpg

sumber: Hipwee

  1. Penghormatan Kaisar Akihito (Jepang)

Di periode Showa, hari Ibu di Jepang dirayakan pada tanggal 6 Maret sebagai penghormatan kepada Putri Mahkota Kojun, ibu dari Kaisar Akihito. Namun pada perkembangannya, Jepang mengikuti tradisi lain di dunia untuk merayakan Hari Ibu di hari Minggu kedua pada bulan Mei. Pada momen ini, harga bunga khususnya Anyelir melambung tinggi, karena anak-anak akan memberikan bunga Anyelir kepada sang Ibu. Di Jepang, bunga anyelir memang merupakan simbol dari Ibu. Selain itu, perkumpulan dan doa bersama akan digelar. Restoran-restoran pun akan penuh pengunjung yang merayakan hari spesial ini bersama keluarga.

hipwee-Hari-Ibu-Thailand-1-750x500.jpg

sumber: Hipwee

  1. Qeen Shirikit (Thailand)

Diawali tahun 1970-an, perdana menteri berniat memperkenalkan keluarga kerajaan kepada rakyat. Maka dipilihlah hari kelahiran sang Ratu Thailand, Qeen Shirikit sebagai hari ibu, yaitu 12 Oktober. Selain dirayakan secara personal antara Ibu dan Anak, Hari Ibu di Thailand juga dirayakan secara nasional dengan pagelaran konser dan parade. Perayaaan hari ibu diawali dengan memberikan sedekah kepada rahib atau biarawan. Kemudian sang anak mengekspresikan kasih kepada Ibu dengan memberikan bunga melati yang dianggap sebagai tanda sucinya kasih ibu. By the way, selain ada hari Ibu, di Thailand ada juga hari Ayah lho. Tentu saja jika Hari Ibu diambil dari tanggal lahir ratu maka Hari Ayah diambil dari hari lahir sang raja.

kasih-ibu-11

sumber: gegojegan ala semarangan – blogger

  1. Hari Ibu (Indonesia)

Hari ibu di indonesia resmi jatuh pada tanggal 22 desember sejak kongres wanita ke-3 dibandung. Tanggal ini kemudian ditetapkan oleh Presiden Soekarno dengan Dekrit Presiden no 316 tahun 1959, maka resmilah 22 Desember sebagai Hari Ibu nasional. Pada masa itu perempuan Indonesia juga tidak mau kalah dan menjadikan momen Hari Ibu sebagai penjaga semangat kebangkitan perempuan Indonesia agar bisa bergerak sebagaimana pria. Anak-anak diindonesia merakannya dengan memberikan kado kecil, ucapan-ucapan cinta untuk ibunya, kue, bunga dan ada juga dengan melakukan kegiatan ibu nya dan membiarkan ibunya bersantai.

 

Berbagai macam variasi dan perayaan hari ibu diseluruh dunia. Biarpun berbeda tanggal ataupun cara anak-anak menunjukan kasih sayangnya kepada ibu, tujuannya tetap sama untuk sebagai penghargaan sosok ibu yang mulia dan peran penting sang ibu dalam hidup kita. Selamat hari ibu!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: