Apa yang harus dilakukan setelah lulus kuliah?

Lulus kuliah merupakan saat yang membahagiakan karena kamu akhirnya bebas dari segala makalah, esai dan skripsi. Kamu juga gak perlu begadang ngerjain skripsi setiap hari. Tapi setelah lulus apa yang kamu lakukan? Tentumya ada dua pilihan, mencari pekerjaan atau membangun lapangan pekerjaan. Untuk menjalankan keduanya, kamu membutuhkan perencanaan.

Apa yang bisa kamu lakukan setelah lulus kuliah? Mari mulai jika kamu ingin mencari pekerjaan di kantor atau perusahaan

  1. Siapkan CV

CV atau daftar riwayat hidup berisi tentang data diri, riwayat pendidikan, summary mengenai keahlian atau keterampilan yang kamu miliki. Tidak usah panjang-panjang, yang penting to the point dan menarik. Kalau kamu tidak tahu bagaimana membuat CV yang menarik, saat ini kamu bisa cari contoh-contoh CV yang menarik di internet.

  1. Setelah lulus kuliah, jangan berhenti belajar

Meskipun kamu sudah lulus kuliah, jangan pernah berhenti belajar. Kamu bisa mempertajam kemampuan bahasa asing, kemampuan public speaking maupun presentasi di depan umum. Kamu tidak harus sekolah lagi, bisa saja kamu belajar sendiri di rumah. Hal-hal itu bisa menambah nilai plus dalam CV lho.

  1. Melamar pekerjaan

Bursa kerja masih menjadi pilihan para pencari kerja dalam mencari pekerjaan. Dalam bursa kerja banyak sekali perusahaan yang menawarkan berbagai posisi pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu ataupun tidak. Cobalah apply ke semua tempat, kalau ternyata ada panggilan interview, bersiaplah menghadapi hari-hari sibuk menghadiri interview di tiap perusahaan yang kamu lamar.

  1. Memperluas Networking

Siapa yang tahu kalau ternyata temanmu bisa membantumu mendapat pekerjaan? Menjalin silaturahmi dengan teman lama itu penting. Tidak hanya teman lama, pada teman baru pun penting banget untuk menjalin hubungan baik. Tidak ada salahnya berteman dengan banyak orang kan?

  1. Kamu tidak selalu harus mendapatkan full-time job

Tidak semua orang cocok dengan tipe pekerjaan kantor yang duduk seharian depan komputer, maka ada pilihan menjadi seorang freelancer maupun part-time. Menjadi freelancer berarti kamu harus berusaha untuk mendapat klien. Tapi kamu harus menentukan skill apa yang ingin kamu jual terlebih dahulu sehingga pekerjaan ini menjadi menyenangkan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: