Tips menghadapi kelulusan

Lulus kuliah itu adalah tahap awal untuk menghadapi kehidupan yang sebenarnya. Tiap mahasiswa pasti pernah cemas dan galau memikirkan masa depan setelah lulus nanti. Tapi apakah setelah lulus kuliah rasa cemas itu hilang?  Setelah lulus kuliah, masalah yang sering dihadapi lulusan baru adalah bingung mau kerja apa. Nah bagaimana tips menghadapi kelulusan

  1. Buatlah perencanaan

Meskipun mungkin jurusan yang kamu pilih bukan passionmu, kamu  tetap harus membuat perencanaan soal masa depanmu. Sebelum benar-benar lulus, coba buat catatan apa saja yang kamu dapat saat kuliah, karir seperti apa yang mau inginkan, dan harapan jangka panjangmu. Pertimbangkan apakah pekerjaan yang kamu inginkan itu tidak membosankan hingga tahun-tahun mendatang atau tidak. Jika memang kamu ingin mengikuti passion yang kurang sesuai dengan pendidikanmu saat ini, kalau kamu sanggup maka kejarlah.

  1. Membangun rutinitas

Setelah berbulan-bulan hidup tidak teratur karena mengerjakan skripsi dan lainnya, saatnya kamu mulai hidup teratur lagi dan mendisiplinkan diri. Cara yang paling mudah misalnya mulai membuat jadwal olahraga maupun mengikuti kursus keterampilan. Dengan membuat jadwal rutin seperti itu bisa melatih diri supaya lebih disiplin. Jadi ketika mulai mendapat pekerjaan nanti kamu sudah tidak kaget dengan rutinitas.

  1. Jangan terpuruk ketika tidak mendapatkan pekerjaan impian

Setelah susah payah kuliah mempelajari teori dan praktik sesuai jurusan kuliahmu, ternyata pekerjaan pertama yang kamu dapat tidak sesuai dengan apa yang kamu pelajari. Atau malah jauh berseberangan dengan jurusan kuliahmu. Tidak usah khawatir, bekerja tidak sesuai jurusan tidak berarti masa depanmu akan suram.

Meskipun kamu punya pekerjaan impian yang diinginkan, tapi tidak semuanya akan berjalan seperti keinginan kamu. Ada kalanya kamu gagal dalam tahap tes dan interview maupun saat mendapat pekerjaan yang tidak sesuai keinginanmu. Tidak apa-apa, jangan kecewa dan terpuruk. Yang penting kamu tetap mendapat pekerjaan. Pengalaman kerja bisa membantu nantinya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: