5 Tips Mengelola Keuangan Bulanan Mahasiswa

Meskipun belum bekerja, mahasiswa juga perlu untuk mengatur keuangan bulananya. Apalagi yang merantau dan harus mengurus segala keperluannya sendiri. Kalau kamu gak mengatur keuangan kamu, bisa-bisa kamu kelimpungan kalau ada pengeluaran mendadak atau uang saku bulananmu habis ditengah bulan. Jangan sampai juga besar pasak daripada tiang…

Ini ada tips mengelola keuangan kamu supaya kamu bisa bertahan hidup sebulan mendatang:

1.Tentukan sumber pemasukan

Catat segala sumber pemasukan kamu apakah itu dari orang tuamu atau hasil bisnis sampingan. Uang yang diberikan orang tuamu biasanya bukan hanya untuk jajan saja, tapi juga segala kebutuhan kamu yang lainnya. Kecuali orang tuamu sengaja memisahkan uang jajan dan uang untuk kebutuhan lainnya ya. Disini, kamu diharuskan untuk melatih mengelola uang yang kamu miliki sebaik mungkin.

  1. Membuat perencanaan pengeluaran dan anggaran

Buatlah daftar pengeluaran yang harus kamu bayarkan tiap bulan. Kelompokkan juga kebutuhan kamu berdasarkan kepentinggannya, apakah primer, sekunder atau tersier.  Misal, untuk primer adalah biaya  makan, ongkos harian kamu, pulsa bulanan. Untuk hal-hal yang bersifat tidak terlalu penting dan tidak urgent, kamu bisa masukkan ke dalam kelompok tersier.

Kalau kamu sudah mengelompokkan kebutuhanmu, kamu bisa mulai untuk memprioritaskan kebutuhan primer, sekunder, lalu tersier. Gunakan uangmu untuk kebutuhan utama, lalu kebutuhan sekunder, dan kalau ada sisa barulah kamu bisa gunakan untuk kebutuhan tersiermu.

  1. Konsisten, disiplin dan kontrol diri

Kamu sudah membuat rancangan anggaran nih tapi percuma kalau akhirnya kamu sembarangan menggunakan uang. Jadi, usahakan untuk menjalankan sesuai dengan rencana yang telah kamu susun. Kalau kondisinya sesuai dengan prediksi kamu, kamu bisa terhindar dari krisis.

Biasakan juga diri kamu untuk tidak tergoda membeli segala sesuatu yang tidak sesuai dengan kebutuhanmu misalnya karena tergoda diskon.

  1. Mencatat segala jenis pengeluaran kamu

Ini supaya kamu tahu kemana saja uang itu kamu gunakan. Sebelum tidur kamu bisa mulai ingat-ingat pengeluaran kamu di hari itu. Kalau kamu malas mencatat, sudah banyak aplikasi money manager yang gampang banget digunakan.

  1. Menabung

Ini sebaiknya kamu lakukan saat pertama kamu mendapatkan uang bulanan. Sisihkan di awal bulan supaya kamu tidak bisa mengutak-atik tabunganmu nantinya. Kalau kamu menunggu ‘sisa’ akhir bulan, biasanya hanya tinggal recehan. Tabungan ini nantinya juga bisa berguna saat ada kebutuhan mendesak yang tidak bisa kamu tunda dan untungnya kamu punya tabungan. Tidak ada ruginya untuk menabung.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: