8 Ide Usaha untuk Kalian Wahai Mahasiswa

Selain kuliah, kampus juga bisa jadi ajang tempat untuk unjuk kreatif membuka usaha atau bisnis sampingan. Siapa tau nantinya bisnis ini adalah cikal bakal bisnis yang akan kamu geluti setelah lulus kuliah nantinya. Bisnis mahasiswa ini ada yang membutuhkan modal, ada juga yang tidak. Bisnis ini juga bisa kamu lakukan saat kamu senggang jadi tidak perlu khawatir akan menganggung waktu kuliah.

Ada beberapa ide bisnis atau usaha buat mahasiswa yang bisa dicoba.

  1. Khusus private untuk anak sekolah.

Mengajar ini gak butuh modal lho. Kalau kamu jago dalam salah satu bidang seperti matematika, biologi, fisika, ekonomi maupun yang lainnya, kamu bisa coba untuk mengajar private. Kamu bisa coba untuk melamar ke lembaga bimbingan belajar sekitar kampus, biasanya mereka juga mau menerima mahasiswa kok. Kalau kebetulan jurusanmu keguruan, lumayan kan bisa ngasah kemampuanmu sekaligus dapat uang saku tambahan.

  1. Jasa pembuatan kaos, jaket atau apapun

Di kampus biasanya ada puluhan organisasi, komunitas serta puluhan event tiap tahun yang butuh kaos panitia atau atribut lainnya. Kamu bisa coba untuk menawarkan jasa pembuatan kaos dengan harga murah tapi kualitas oke dengan design yang menarik.

  1. Bisnis jasa foto dan video

Bisnis ini memang ada kaitannya sama hobi. Buat kalian mahasiswa jurusan fotografi atau mahasiswa yang hobi motret, ini bisa dijadikan salah satu ide bisnis nih. Sekalian kamu aplikasi materi kuliah dan mengasah skill, kamu bisa dapat tambahan penghasilan dari hasil motret.

  1. Membuka online shop dan dropshipper

Jaman sekarang, belanja online sudah tidak aneh lagi. Ada ribuan toko dengan ribuan produk yang dijual di pasar online ini. Beberapa toko itu juga menawarkan menjadi dropshipper untuk kamu yang mau mulai jualan dengan budget terbatas. Kalau kamu punya modal, kamu bisa membeli barang dalam jumlah grosir lalu kamu jual kembali. Yang penting adalah kamu tekun untuk memasarkan produk yang kamu jual.

  1. Jualan makanan ringan

Kalau kamu punya hobi memasak atau bikin cemilan, kamu bisa mulai coba tawarin ke temen-temen kampus. Kalau dapet respon positif, kamu bisa mulai pasarin ke khalayak umum atau ke fakultas sebelah. Bisa juga manfaatin media sosial buat jualan.

  1. Jasa pengetikan dan print

Ini memang pakai modal sih, kalau kamu punya perangkat ngeprint, kamu bisa buka usaha ngeprint tugas kuliah. Siapa tau temen kamu ada yang mager cari tempat print dan kamu bisa kasih fasilitas ngeprint via e-mail jadi gak perlu repot ke tempat print. Lumayan untuk nambah-nambah uang saku kan.

  1. Jasa penulis

Bisnis ini cocok buat yang hobi menulis. Sekarang udah banyak media online yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk jadi kontributor di situs tersebut. Kalau tulisan kamu terpilih dan tayang, lumayan hasilnya bisa buat beli pulsa. Lumayan juga buat portfolio kamu nantinya.

  1. Bisnis jasa desain grafis

Ini modalnya kecil, tapi yang pasti kamu harus jago menggunakan software desain grafisnya. Banyak orang yang butuh desain jadi kamu bisa manfaatkan skill yang kamu punya.

Iklan

3 respons untuk ‘8 Ide Usaha untuk Kalian Wahai Mahasiswa

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: