3 Tips Mengatur Waktu untuk Mahasiswa

Kegiatan mahasiswa itu umumnya gak jauh dari kuliah, organisasi, kumpul sama teman, maupun bekerja (part time maupun magang). Sebagai mahasiswa, kamu harus bertanggung jawab atas studi kamu. Sebagai pribadi kamu juga harus bertanggung jawab atas kesehatan dan kualitas hidup yang kamu jalani.

Lalu gimana caranya mengatur waktu supaya semua kegiatan tetap terlaksana?

Jawabannya adalah time management. Meskipun kamu mengatakan bahwa dirimu jago dalam multitasking, tapi pada dasarnya manusia bukan mesin yang bisa mengerjakan semua pekerjaan dalam satu waktu loh. Terlebih lagi jika kamu mahasiswa baru yang jauh dari rumah dan hidup sendiri, pasti awalnya akan sulit mengatur diri sendiri untuk mandiri.

  1. Membuat jadwal waktu untuk diri sendiri

Sediakan waktu untuk diri kamu sendiri. Jika senin sampai jumat kamu habiskan waktu untuk kuliah dan organisasi, kamu perlu membuat waktu untuk menyendiri dan bebas dari segala kegiatan di kampus. Waktu ini bisa kamu gunakan untuk introspeksi diri, mengerjakan tugas, merapikan kamar, atau mengerjakan pekerjaan lainnya. Hal ini juga penting supaya kamu tidak bosan dengan rutinitas sehari-hari. Tubuhmu juga butuh istirahat.

  1. Membuat perencanaan dan to-do list

Buatlah to-do list yang berisi tugas-tugas, kegiatan kamu serta tugas-tugas yang harus diselesaikan. Tambahkan waktu kapan harus selesai. Perencanaan harus dibuat berkala dan harus selalu diupdate supaya kamu tidak menunda-nunda pekerjaan. Kalau bisa buatlah perencanaan yang mendetail.

  1. Menentukan skala prioritas

Prioritas tiap orang berbeda, cuma kamu sendiri yang tahu kegiatan yang paling mendesak dan harus kamu lakukan duluan yang mana. Kamu harus pandai-pandai mengatur jadwal aktivitas sesuai dengan prioritas kamu. Ingatlah kalau kuliah masih menjadi prioritas utamamu.

 

Menjadi mahasiswa dengan jadwal kuliah senin-jumat mulai dari pagi sampai malam, sudah pasti bikin kita capek. Belum lagi kalau ada tugas harus begadang ataupun kegiatan organisasi sehabis pulang kuliah. Kalau gak pinter bagi waktu, pasti bakalan kecapean banget dan bingung mau mendahulukan kegiatan yang mana.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: