5 Tips Memilih Kost buat Mahasiswa

 

Bagi kamu mahasiswa baru atau mahasiswa lama  yang kuliahnya jauh dari rumah, pasti butuh banget yang namanya cari kosan buat ditinggali. Udah muter kesana kemari tapi belom juga nemu kosan yang pas di hati? Nyari kosan itu gampang-gampang susah memang, yang udah 2-3 tahun jadi mahasiswa aja kadang masih seneng pindah-pindah kosan nyari yang lebih nyaman. Daripada repot tiap tahun pindah, lebih baik kamu serius untuk memastikan apakah kosan ini cocok dengan kamu atau tidak. Ada tips yang bisa kamu coba saat nyari kosan baru untuk tempat tinggal.

  1. Pilih lokasi yang dekat dengan kampus

Sebelum mulai cari, kamu tentukan dulu didaerah mana kamu ingin cari. Apakah yang jauh dari kampus atau yang deket-deket aja? Kalau kamu lebih sering menghabiskan waktu setiap hari di kampus dari pagi hingga malam, jangan cari yang jauh dari kampus. Kalau punya kendaraan pribadi sih gak masalah, tapi kalau gak punya… hmm kasian ngerepotin diri kamu sendiri nantinya.

Kosan yang deket kampus juga bisa menghemat biaya ongkos kamu sih. Keuntungan lainnya kalo kosan deket kampus adalah kalau kamu terlambat bangun, kamu masih bisa buru-buru biar bisa masuk kelas.

  1. Survey harga

Ini penting nih. Kalau kamu gak masalah soal harga, kayaknya harga berapapun gak masalah asal sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Buat yang minim budget, tentunya kamu perlu waktu untuk memilih kosan yang ekonomis tapi fasiltas lumayan 😀

Kamu bisa berkeliling dulu survey harga kosan dan fasilitas yang ditawarkan. Setelah itu, kamu bisa bandingkan satu persatu kira-kira yang mana yang sesuai dengan budget dan keinginanmu. Perhatikan sistem bayar kosnya bagaimana, fasilitas apa yang disediakan, lalu apakah biaya kosan termasuk bayar air, listrik, wifi (jika ada) atau tidak. Semakin banyak fasilitas yang ditawarkan memang harga cenderung lebih mahal, tapi kalau beruntung kamu bisa dapet kosan murah dengan fasilitas yang baik. Oh ya, bandingkan juga akses dan keamananya.

  1. Fasilitas Kamar

Fasilitas kamar ini bisa kamu jadikan pertimbangan untuk memilih kosan. Ada kos yang sudah lengkap isinya, ada juga yang masih kosong melompong. Kalau kamu gak mau repot mikirin perlengkapan kamar, lebih baik pilih yang sudah ada isinya saja. Harganya mungkin mahal sedikit, tapi kamu boleh hitung-hitung dulu kira-kira ekonomis mana antara kamar kosong dan kamar berisi. Perhatikan apakah ada kasur, lemari dan meja belajar.

Perhatikan juga kondisi kamar apakah kira-kira bersih atau tidak, apakah ada ventilasi atau tidak, kamar mandi di dalam atau di luar, apakah kamar luas atau sempit. Semua hal itu berkaitan dengan kenyamanan kamu nantinya.

  1. Perhatikan teman satu kosan

Kamu harus bertanya apakah kosan yang sedang kamu survey ini kosan khusus wanita, khusus pria, atau kosan campur. Kalau kamu nyaman dengan kosan khusus wanita,  maka pilihlah kosan khusus wanita. Kalau kamu tidak masalah dengan kosan campur, ya silakan pilih saja. Kosan campur biasanya gak langsung campur gitu aja kok, biasanya yang punya kosan akan memisahkan area kosan pria dan wanita meskipun masih dalam satu pagar.

  1. Tanyakan hal detai mengenai kosan

Tanyakan pada pemilih kosan detail-detail yang perlu kamu ketahui seperti batasan waktu pulang malam, bagaimana pembayaran listrik dan air apakah sudah termasuk dalam biaya bulanan atau tidak, apakah ada biaya tambahan jika ingin bawa alat elektronik selain yang tersedia di kamar, apakah kosannya aman dari kriminalitas, bagaimana pengamanan kosannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: