6 Sejarah Kampus tertua di Indonesia

Cikal bakal berdirinya perguruan tinggi di Indonesia dimulai pada masa Hindia Belanda. Program pendidikan yang dikembangkan Belanda mendorong perluasan dari sekolah dasar lalu ditambah sekolah menengah dan perguruan tinggi. Perguruan tinggi itulah yang kemudian menjadi cikal bakal universitas dan fakultas di Indonesia.

  1. Universitas Indonesia

Tahun 1849, pemerintah kolonial Belanda membangun sekolah tinggi ilmu kesehatan. Pada Januari 1851 diresmikan dengan nama Dokter-Djawa School. Sekolah ini khusus mempelajari ilmu kedoketaran, khususnya pendidikan tenaga mantri. Dokter lulusan sekolah ini hanya diberi ijin untuk praktek di beberapa wilayah Hindia Belanda, terutama Pulau Jawa.

Tahun 1898, Doktre-Djawa School berubah menjadi STOVIA. STOVIA adalah tempat pedidikan terbaik untuk calon dekter pada masa itu sebelum ditutup tahun 1927. Sekolah kedokteran kemudian dibangun di Batavia dan diberi nama Geneeskundige Hooge School (GHS) pada tahun 1927. Selain GHS, 4 sekolah tinggi lainnya didirikan di beberapa kota jawa. Lima sekolah tinggi itu meruapakan pilar dari Nood-Universiteit (Universitas darurat) tahun 1946.

Tahun 1947, Nood-Universiteit berubah nama menjadi Universiteit van Indonesie yang berpusat di Jakarta. Tahun 1950, berubah nama menjadi Universiteit Indonesia yang memiliki Fakultas Kedokteran, Hukum, Sastra dan Filsafat di Jakarta, Fakultas Teknik di Bandung, Fakultas Pertanian di Bogor, Fakultas Kedokteran Gigi di Surabaya, dan Fakultas Ekonomi di Makasar.

Tahun 1954-1963, Fakultas yang berada di luar Jakarta mulai berkembang dan memisahkan diri menjadi universitas terpisah dari UI.

  1. Universitas Airlangga

Tahun 1913, pemerintah Belanda membangun  Nerderlandsch Indische Artsen School (NIAS) di Surabaya sebagai tempat pendidikan dokter. Pada tahun 1928, didirikanlah School Tot Opleiding Van Indische Tandarsten (STOVIT) yang khusus mempelajari ilmu kedokteran gigi.

Tahun 1948, pemerintah Belanda mendirikan Tandheelkunding Instituut yang merupakan cabang Universiteit van Indonesie Jakarta dan membuka kembali NIAS dengan nama Faculteit der Geneeskunde yang juga sebagai cabang Universiteit van Indonesie Jakarta.

Universitas Airlangga diresmikan pada tahun 1954 oleh Ir. Soekarno  dan menjadi lembaga pendidikan tinggi pertama di kawasan timur Indonesia.

  1. Institut Teknologi Bandung

Tehchnische Hooge School (THS)didirikan pada tanggal 3 Juli 1920 dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik. THS adalah bagian dari Nood-universiteit, Saat Nood-Universiteit berganti nama menjadi Universiteit van Indonesie, kampus THS dan pengajarnya dijadikan Faculteit van Technische Wetenschap. Fakultas ini menjadi Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam UI di Bandung sejak Februari 1950.

Pada 2 Maret 1959, ITB resmi berdiri di Bandung. Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam UI memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung (ITB).

  1. Institut Pertanian Bogor

Sekolah tinggi pertanian yang berdiri tahun 1940 ini diberi nama Landbouw hooge school. Tahun 1941, namnya berubah menjadi Landbouwukndige Faculteit  yang mempelajari ilmu pertanian dan ilmu agronomi. Sekolah ini lalu ditutup pada masa penjajahan Jepang. Kemudian Nood-universiteit didirikan tahun 1946 dan sekolah ini dibuka kembali. Fakultas Pertanian ini menjadi bagian dari Universiteit Indonesie di Bogor.

Tahun 1963, Fakultas Pertanian memisahkan diri dari Universitas Indonesia menjadi Institut Pertanian Bogor yang memiliki 5 fakultas.

  1. Universitas Gajah Mada

Universitas Gadjah Mada merupakan penggabungan dan pendirian kembali dari berbagai balai pendidikan, sekolah tinggi, perguruan tinggi yang ada di Jogyakarta, Klaten, dan Surakarta. Yayasan Balai Perguruan Tinggi Gadjah Mada diresmikan tanggal 2 November 1949. Sejak November awal, beberapa fakultas berdiri kembali dibawah Perguruan Tinggi Gadjah Mada. Barulah pada tanggal 19 Desember 1949, Universitas Gadjah Mada ini lahir.

  1. Universitas Islam Indonesia

Sekolah Tinggi Islam (STI) resmi berdiri tanggal 8 Juli 1945. Barulah pada tahun 1947 STI menjadi Universitas Islam Indonesia (UII) di Jogyakarta. Peresmian UII dilakukan pada tahun 1948. UII adalah perguruan tinggi swasta pertama dan tertua di Indonesia.

 

Referensi: berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: