5 Hal yang harus dipersiapkan sebagai mahasiswa baru

Setelah tahu istilah di kampus baru, ada lagi nih yang sebenernya hal sederhana tapi harus kamu siapin sebelum jadi mahasiswa baru. Jadi maba emang gampang-gampang susah sih. Hal-hal yang yang harus kamu siapkan sebagai mahasiswa baru

  1. Semangat dan Motivasi

Guys, semangat itu perlu banget. Semangat untuk belajar jadi mahasiswa di jurusan pilihan yang kamu pilih atau dipilihkan. Ingat atau tulis motivasi kamu kuliah itu apa, ntar kalo semangat dan motivasi kamu kendor bisa buka lagi catatanmu dan siapa tau jadi semangat lagi. Tanpa semangat dan motivasi, mungkin kalian akan mulai bertanya apa tujuan kalian kuliah…..

  1. Mental

Ingatlah bahwa kamu sekarang seorang mahasiswa. Menjadi mahasiswa harus mandiri. Kehidupan di perkuliahan ini akan beda banget dengan masa sekolah menengah. Kuliah itu gak semudah pelajaran SMA. Jika di SMA kamu disuapin ilmu sama guru, nah kuliah ini kamu harus aktif dan semangat untuk belajar mencari informasi yang kamu butuhkan sendiri. Dan perlu diingat nih, kuliah ini belum tentu kamu bisa nego untuk tugas-tugas yang lupa kamu kerjakan lho. Siapkan juga mentalmu karena tugas kuliah kamu akan berbeda sekali dengan masa SMA. Kalau di SMA, kamu bisa santai, tapi nanti di kuliah akan ada tumpukan tugas yang harus dikumpulkan dalam waktu berdekatan jadi kamu harus bisa bagi-bagi waktu.

  1. Kemeja berkerah dan celana/rok bahan

Sebagian kampus ada yang mewajibkan untuk memakai kemeja berkerah, jadi sebaiknya kamu mulai mengumpulan pakaian berkerah. Memang sih tidak semua kampus punya peraturan itu, tapi tidak ada salahnya kalau kamu mulai mempersiapkan kemeja berkerah dan celana/rok bahan. Kemeja berkerah itu suatu saat pasti akan kepake kok buat acara formal di kampus maupun presentasi di depan dosen.

  1. Peralatan Kuliah

Untuk alat tulis, rasanya tidak akan jauh berbeda dengan waktu sekolah menengah. Kamu tetep butuh peralatan tulis menulis seperti pensil, pulpen dan kertas. Bedanya, kalau dulu kamu punya satu mata pelajaran satu buku, anak kuliahan pake satu notebook atau binder utuk semua mata kuliah. Gak semua orang begitu sih, tapi ada aja yang kuliah cuma bawa satu binder buat satu semester. Katanya sih lebih praktis dan gak ribet.

  1. Kostan

Kalau kebetulan kamu anak rantau dan kuliah jauh dari rumah, jangan lupa cari kostan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: