Sejarah Balaikota Bogor

COLLECTIE_TROPENMUSEUM_De_sociëteit_in_Buitenzorg_TMnr_10017665
De Societeit (foto: koleksi Tropen Museum)

Tidak jauh dari Istana Bogor, ada gedung peninggalan kolonial yang masih kokoh berdiri dan digunakan oleh pemerintahan Bogor saat ini. Bangunan megah itu adalah Gedung Balaikota Bogor. Gedung balaikota ini terletak di Jl. Ir. H Juanda No 10, berdampingan dengan Hotel Salak The Heritage. Bangunan ini dibangun pada tahun 1868 dan berfungsi sebagai Societeit. Societeit adalah tempat bagi orang Belanda mencari hiburan. Tempat ini sangat eksklusif, hanya pejabat , pengusaha dan orang-orang penting bangsa Belanda dan Eropa yang boleh masuk dalam keanggotaan Societeit. Jadi societeit ini adalah tempat bergaul para socialite Eropa jaman dulu.

Gedung Societeit ini bukan hanya ada di Bogor, tapi juga ada di beberapa kota di Indonesia. Gaya bangunannya dibuat menyerupai gaya Eropa  yaitu bangunannya megah menjulang tinggi, pilar-pilar besar bercat putih, pintu dan daun jendela yang besar dan banyak, juga penataan ruang dengan lampu yang menarik. Ciri khas  gedung Societeit pada umumnya berbentuk simetri penuh. Dibagian tengah terdapat Central room yang terdiri dari kamar tidur utama dan kamar tidur lainnya. Central room juga menghubungkan teras depan dan teras belakang. Teras bangunannya luas dengan pilar-pilar besar. Societeit Bogor juga  memiliki lapangan depan yang luas yang bisa digunakan untuk parade dan lainnya.

Tahun 1905, Societeit beralih fungsi menjadi Gemeente Buitenzorg atau kantor pemerintahan Kota Bogor pada masa itu. Lalu, saat penjajahan Jepang, Gemeente Buitenzorg diubah menjadi Si.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Balaikota Bogor (foto: cagar budaya kemendikbud)

Pada tahun 1950, bangunan Societeit digunakan sebagai Markas Komando Resimen 061/ Surya kencana. Tahun 1971, gedung ini beralih fungsi menjadi gedung balaikota hingga saat ini. Gedung balaikota saat ini sudah direnovasi dengan menggabungkan gaya arsitektur Eropa dan Sunda. Pemerintah Bogor juga membangun beberapa gedung perkantoran di bagian bagian belakang Gedung Balaikota Bogor.

Source:

http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/dest-det.php?id=139&lang=id

http://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbbanten/2016/08/08/balaikota-bogor-dahulu-dan-kini/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: