5 Objek Wisata Bersejarah di Bogor

Objek wisata di Bogor ini memang banyak jenis dan macamnya. Wisata alam, sejarah, maupun pendidikan bisa dilakukan di Bogor.  Salah satu wisata yang tidak boleh terlewatkan adalah wisata sejarah. Berikut ini adalah daftar objek wisata sejarah yang bisa dikunjungi saat berpelancong ke Bogor

  1. Makam Raden Saleh

Raden Saleh adalah seorang seniman (pelukis) yang karyanya berhasil mendapat berbagai penghargaan baik di Indonesia maupun mancanegara. Hasil karya Raden Saleh berhasil menembus museum besar seperti Louvre dan Rijkmuseum.  Ia adalah perintis seni lukis modern Indonesia. Karya Raden Saleh yang terkenal adalah lukisan penangkapan Diponegoro yang menggambarkan jika Raden Saleh tidak menyukai penindasan serta percaya dengan idealism kebebasan dan kemerdekaan.

w1.3 makam raden saleh
Makam Raden Saleh

Makam Raden Saleh terletak di Jalan Pahlawan tepatnya di Gang Radeng Saleh. Tidak ada banyak petunjuk menuju lokasi, namun kita bisa bertanya pada warga sekitar dimana letak lokasinya. Di halaman makan itu ada dua pusara yaitu makan Raden Saleh dan Istrinya. Makam ini dipugar pada tahun 1953 oleh perintah Soekarno dan sampai saat ini masih dijaga oleh pemilik tanah tempat makam tersebut. Tidak ada salahnya jika berkunjung ke Bogor lalu mampir untuk berziarah dan mengenang Raden Saleh

  1. Prasasti Batu Tulis

Lokasi Prasasti ini terletak di Jalan Batutulis, bersebrangan dengan Istana Batu tulis. Di sini terdapat batu besar yang bertuliskan aksara Sunda Kawi atau Sunda Kuna. Batu ini diperkirakan peninggalan 600 tahun lalu oleh kerajaan yang berjaya pada abad ke-11 . Selain batu tulis, benda-benda lain Kerajaan Sunda juga ada didalam komplek ini.  Benda-benda tersebut diantaranya adalah batu sandaran saat Prabu Siliwangi dinobatkan sebagai raja, tempat tumpuan tangan Prabu Siliwangi dan sepasang tapak kaki dan tapak dengkul milik Prabu Siliwangi.

w1.3 PrasastiBatuTulis
Prasasti Batu Tulis
  1. Kampung Budaya Sindang Barang

Kampung Budaya ini terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor.

w1.3 sindang barang
Kampung Budaya Sindang Barang

Potensi wisata di kampung budaya ini adalah wisata budaya dan wisata sejarah. Wisata budaya diantaranya adalah Upacara Sereh Taun untuk mengungkap rasa syukur atas panen yang diperoleh masyarakat. Upacara adat ini hanya dilakukan pada bulan Muharam, jadi kalau ingin menyaksikannya pastikan dulu waktu yang tepat untuk berkunjung. Wisata sejarah di kampung ini diantaranya adalah mendengarkan cerita tentang kerajaan Pajajaran berdasarkan naskah kuno Pantun Bogor. Di Kampung ini juga anda dapat mengunjungi situs purbakala punden berundak peninggalan kerajaan Pajajaran.

  1. Klenteng Hok Tek Bio

Klenteng ini terletak di Jalan Suryakencana dan  berusia lebih dari 250 tahun. Tempat ini adalah tempat sembahyang bagi yang beragama Budha. Bangunan ini memiliki ciri khas  arsitektur dan ornament Tiongkok yang unik. Klenteng ini adalah tempat ibadah, tapi siapa saja boleh masuk untuk mengagumi arsitektur dari bangunan ini.  Yang perlu diingat saat mengunjungi klenteng ini adalah untuk mematuhi peraturan yang berlaku.

  1. Monumen dan Museum PETA

Museum ini berisi 14 diorama pasukan PETA. Lokasinya berada di Jalan Jendral Sudirman. Di Museum ini terdapat monument yang menceritakan awal terbetuknya PETA, pertempuran PETA melawan penjajah, patung, perlengkapan perang, meriam, dan senjata lainnya. Museum ini kental sekali dengan nuasa militer. Bangunan yang dijadikan museum ini juga dulunya digunakan sebagai pusat pelatihan pasukan PETA.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: