5 Tempat yang katanya Angker di Kota Bogor

  1. Istana Bogor

Istana Bogor ini dikenal dengan nama Paleis Buitenzorg pada masa kolonial Hindia-Belanda. Pada tahun 1744, Gubernur Jendral Gustaaf Willem Baron van Imhoff mencari tempat peristirahatan untuk para saudagar dan pedagang di Batavia. Van Imhoff lalu tertarik dengan daerah Kampung Baru (Bogor). Tahun 1745, dibuatlah bangunan tingkat tiga yang digambar oleh van Imhoff sendiri dengan mencontoh arsitektur Blenheim Palace kediaman Duke of Malborough di Inggris. Bangunan ini lah yang kemudian jadi cikal bakal Istana Bogor sekarang.

Karena sudah berusia ratusan tahun, amat wajar jika ada cerita misteri di sekitar Istana Bogor. Konon, patung-patung di Istana itu berpernghuni dan petugas Istana Bogor sering mendengar suara-suara aneh di malam hari lalu esok paginya patung bergeser dari tempat sebelumnya. Di Istana juga kabarnya ada ruang bawah tanah bekas ruangan untuk menyiksa tawanan pada masa kolonial dan dari sana sering terdengar suara jeritan.

  1. Gunung Salak

Pengunungan ini memang menyimpan banyak misteri. Banyak sekali kisah horror dari Gunung ini. Beberapa pendaki gunung bercerita bahwa mereka mendengar jelas suara gamelan namun setelah didekati suara gamelannya akan semakin menjauh dan masuk kedalam hutan. Masyarakat sekitar juga percaya bahwa di puncak gunung ini ada pasar gaib. Pendaki lain bercerita bahwa ia pernah bertemu dengan nenek tua yang sedang memanjat tebing curam.

Penduduk kaki gunung juga sudah tidak aneh jika melihat binatang aneh seperti kuda emas, macan ghaib, atau babi hutan raksasa. Salah satu puncak Pegunungan Salak yang disebut Puncak Manik dipercaya sebagai daerah kerajaan gaib Padjajaran. Puncak Manik juga dipercaya sebagai tempat makhluk gaib berkumpul.

Masih banyak sekali cerita-cerita misteri dari pendaki yang pernah mendaki ke Gunung Salak dan juga tim SAR yang melakukan penyelamatan pesawat Sukhoi.

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya yang sudah berumur 200 tahun ini memang terkenal banyak tempat mistisnya. Di Kebun Raya Bogor ini ada beberapa area yang dipercaya angker dan dihuni oleh makhluk tak kasat mata. Diataranya ada komplek makam keramat Ratu Galuh Mangku Alam. Mbah Jepra, Mbah Baul, Solendang Galuh Pangkuan sampai komplek pemakaman kuno Belanda. Di makam keramat Ratu Galuh Mangku Alam kataya dijaga oleh sosok harimau, dan di makam kuno Belanda katanya pernah ada penampakan noni Belanda.

  1. Terowongan Paledang

Konon katanya di terowongan ini sering terjadi kecelakaan. Lokasi terowongan berada dibawah Jalan paledang, tepatnya di samping masjid At-Taufiq dan dekat dengan Hotel Sahira. Terowongan ini adalah jalur yang dilewati oleh kereta jurusan Bogor-Sukabumi. Masyarakat sekitar menganggap terowongan itu angker. Ada beberapa saksi yang mengatakan pernah melihat sosok tanpa kepala  yang menyusuri rel kereta sambil mencari kepalanya atau sosok perempuan yang bunuh diri menabrakkan dirinya ke kereta,. Tragedi yang masih diingat oleh warga adalah kecelakaan pada tahun 2000 saat ada rombongan 20an anak SMA yang duduk diatas gerbong kereta lalu menabrak atap terowongan, jatuh dan terlindas kereta. Para korban mati ditempat dengan keadaan yang mengenaskan.

  1. Hutan buatan dan Jalan di Cifor

Katanya, setiap malam jumat ada penampakan hantu kepala besar. Ada beberapa orang yang pernah melihat penampakannya. Kisahnya bermula dahulu kala ada jawara yang sering menganggu penduduk sekitar. Jawara itu lalu dikeroyok dan dipukuli hingga tewas lalu mayatnya dibuang di sekita jalan tersebut. Warga menganggap bahwa hantu berkepala besar itu adalah hantu jawara.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: