5 Tempat Iconic di Kota Bogor

Kota Bogor yang dikenal dengan sebutan Kota Hujan ini belakangan menjadi tempat alternatif untuk berlibur keluarga. Berikut ini adalah beberapa tempat iconic yang wajib dikunjungi saat ke Bogor

  1. Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor (KRB) terletak di pusat Kota Bogor. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah karena dekat dengan gerbang tol Jagorawi. Di KRB ada berbagai jenis pohon dan tumbuhan dari berbagai wilayah di dunia.

KRB selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik setiap hari kerja maupun hari libur. KRB menjadi tempat favorit karena lokasinya yang dekat dan suasananya yang asri dan segar. Pengunjung dapat bersantai bersama keluarga didalam KRB. KRB cocok untuk liburan bersama keluarga.

50684a1be6d113fd8d5de0aad294c107
Kebun Raya Bogor (foto: pinterest.com)

Selain tempat bersantai, KRB juga menjadi sarana edukasi untuk pengunjung karena disini terdapat jenis-jenis tumbuhan yang tidak ada di lingkungan sekitar perkotaan.

Di area Kebun Raya Bogor ini terdapat Museum Zoologi. Museum Zoologi adalah sebuah museum tempat penyimpanan jasad-jasad renik hewan. Jadi, sebelum masuk ke dalam KRB bisa mampir kedalam Museum Zoologi. Museum ini juga ramai setiap hari karena sering dijadikan tempat untuk sarana pendidikan untuk mempelajari keanekaragaman, perilaku, ekosistem, dan daya guna fauna nusantara.

Koleksi yang ada di Museum ini terdiri dari mamalia, ikan, burung, reptile, amfibi, moluska, serangga, dan invertebrata lain.

  1. Tugu Kujang dan Lawang Salapan

Tugu Kujang ini sudah menjadi ikon kota Bogor sejak lama. Tugu Kujang ini adalah simbol yang melambangkan Kota Bogor. Di puncak monument ini terdapat simbol kujang yang mana adalah senjata tradisional etnis Sunda. Lawang Salapan ini adalah bangunan dengan 10 pilar menjulang yang menjadi background Tugu Kujang. Tugu Kujang dan Lawang Salapan ini terletak di pertigaan Jalan Pajajaran dan Jalan Oto Iskandar Dinata. Pada malam hari, Lawang Salapan ini dihiasai lampu warna-warni yang indah. Lawang Salapan ini diibaratkan sebagai teras yang selalu terbuka dan menyambut siapapun yang datang dengan keramahan dan kerendah-hatian. Kalau masuk dari Tol Jagorawi, posisi Tugu Kujang dan Lawang Salapan ada disebelah kanan.

 

P_20170109_173614-01
Tugu Kujang dan Lawang Salapan (foto: K)

 

  1. Istana Bogor

Istana Bogor ini masih terletak di kawasan Kebun Raya Bogor. Pada hari jadi Kota Bogor, biasanya pemerintah mengadakan Open House Istana Bogor jadi yang sudah mendaftar boleh berkeliling sesuai jadwal yang telah diberikan. Kalau hari biasa, kita hanya bisa melihat istana Bogor di seputaran Istana dan dari luar pagar sambil melihat rusa totol di halaman Istana. Istana ini memiliki keunikan historis dan kebudayaan.

 

Processed with VSCO with a6 preset
Istana Bogor tampak depan (foto: K)

 

  1. Jembatan Merah

Jembatan Merah ini sudah ada sejak 1881. Dinamakan jembatan Merah karena warna jembatan ini dulunya adalah merah bata. Katanya, jembatan ini adalah saksi perjuangan BKR melawan penjajahan Belanda dahulu. Jembatan ini sempat  diberi warna kuning, tetapi orang tetap menyebutnya jembatan merah. Jembatan ini terletak di Jalan Kapten Muslihat yang menghubungkan Jalan Merdeka dan Jalan Veteran. Saat ini, jembatan merah sudah kembali berwarna merah dan diberi tulisan JEMBATAN MERAH disisi kiri dan kanan jembatan.

Jembatan Merah (foto: bogor.tribunnews.com)

  1. Lapangan Sempur Kota Bogor

Lapangan Sempur baru dibuka kembali pada bulan Februari 2017 lalu dan terlihat banyak sekali perubahannya. Lapangan yang terletak di Jalan Sempur Kaler ini sudah dari dahulu sering dijadikan tempat olahraga dan bermain warga Kota Bogor.

P_20170313_123949_HDR
Lapangan Sempur (foto: K)

Lapangan Sempur saat ini lebih tertata rapih dan tiap sudutnya dihiasi lampu. Selain lapangan bola dan lintasan lari, di area Lapangan Sempur juga terdapat Taman Kaulinan, Skate Park dan Lapangan Basket. Lapangan ini tidak pernah sepi pengunjung. Meskipun siang hari tidak ada yang berolahraga, tetapi lapangan ini tetap banyak pengunjungnya.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: