Hand Lettering untuk Pemula

Hand lettering adalah salah satu karya seni yang memadukan antara desain dan huruf. Hand Lettering ini bisa kita lihat dimana-dimana, termasuk di blog dan personal brand. Hand lettering menjadi sebuah trend yang amat populer.
Kenapa bisa populer? Karena Hand lettering terlihat indah. Desainnya yang sederhana dan indah membuat blog terlihat profesional dan menarik.

Huruf-huruf dibentuk sedemikian rupa agar semakin indah. Hand lettering adalah sebuah bentuk karya seni yang membuat kita melihat ruang diantara huruf, dan gaya menulis yang bisa membangkitkan emosi dan memiliki arti seperti nostalgia, kebahagiaan dan cinta.

Sebelum belajar hand lettering, ada beberapa bahan dan peralatan yang harus kamu persiapkan:

  1. Kertas

Kertas yang biasa digunakan adalah kertas HVS 100gr (supaya tidak rembes), ivory, art paper, BW/BC.

2. Pensil dan Drawing pen

Pensil digunakan untuk membuat sketsa.

3. Penghapus

Untuk menghapus.

4. Penggaris

Dibutuhkan untuk membuat plot dan grid.

 

CAESAR (4)
Hand-lettering dengan Jurnal Hibrkraft

 

Setelah mengumpulkan alat dan bahannya, lalu kamu bisa mulai mencoba untuk menggambar. Namun, sebelum menggambar, kamu harus memikirkan tema dan mencari inspirasi seperti apa gambar yang kamu inginkan. Setelah mantap, lalu berikut  ini langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Membuat outline

Membuat sketsa masing-masing huruf menggunakan pensil. Perhatikan penempatan kata per kata harus konsisten dan serasi. Kalau dirasa belum pas, kamu bisa gunakan penghapus untuk menghapus bagian yang kurang kamu suka. gambar juga ornamen-ornamen yang akan kamu tambahkan.

2. Pewarnaan Tinta

Kalau kamu sudah yakin dengan outline yang kamu buat, coba pertebal outline dengan drawing pens dengan hati-hati dan sabar. Salah sedikit saja bisa berpengaruh pada hasilnya. Saat menebalkan outline, penekanan pada kertas juga harus diperhatikan. Setelah selesai menebalkan outline tunggu sebentar hingga kering

3. Finishing

Setelah selesai dengan outline, kamu bisa menambahkan isi pada huruf-huruf tersebut sesuai outline yang kamu buat sebelumnya.

Selamat mencoba!

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: