Morning Pages

Apakah kamu pernah mendengar istilah morning pages?

Morning pages adalah istilah yang dikenalkan oleh Julia Cameron dalam bukunya yang berjudul “The Artist’s way” pada tahun 1992. Morning pages adalah menulis 3 halamandi pagi hari. Julia memaparkan bahwa rahasia untuk produktif setiap hari adalah dengan mengambil pulpen, 3 halaman kertas kosong, lalu tulislah apa yang ingin kamu tulis di kertas tersebut setiap pagi.

When we put the pen to paper, we articulate things in our life that we may felt vague about. Before you write something, somebody says, ‘how do you feel?’ and you say, ‘oh, I feel okay.’  Then you write about it, and you discover you don’t feel okay.  – Julia Cameron

Julia menyebut latihan menulis itu sebagai Morning Pages yang berperan sebagai mind dump supaya merapikan kekacauan di otak kamu. Menulis morning pages ini bukan soal bagaimana menulis dengan baik karena hasilnya tidak untuk ditunjukkan kepada orang lain, tetapi inti  dari morning pages adalah untuk mengisi lembar kosong tersebut dengan kata-kata.

 

2446625_L
pixabay.com

 

Sebelum kamu menulis morning pages, ingatlah bahwa tidak ada cara yang salah untuk menulis morning pages. Yang perlu diingat dan dilakukan

  • Menulis setiap hari
  • Menulis dengan tangan
  • Menulis pada pagi hari ketika bangun tidur sebelum mulai beraktivitas
  • Menulis 3 halaman
  • Menulis apa yang ada dipikiran tanpa berhenti hingga halaman terakhir
  • Suka atau tidak suka, menulislah
  • Jangan baca ulang morning pages

Aturannya memang terlihat banyak, tapi sederhana kok. Julia mengatakan jika kita melakukannya dengan baik, morning pages akan menuntun kita menuju kreativitas tanpa batas, inspirasi dan hubungan baik dengan diri kita sendiri.

Keuntungan dari menulis morning pages

Beberapa orang telah mencoba metode morning pages dan mengatakan bahwa melakukan morning pages setiap hari membantu mereka lebih produktif setiap hari karena telah membuang hal-hal yang kacau dipikirannya saat pagi hari.

Berikut adalah manfaat menulis morning pages, yang telah dirasakan oleh beberapa orang

  1. Morning pages membantu untuk menjernihkan pikiran

Biasanya, pada saat kita bangun pagi banyak sekali pikiran yang mamapir di kepala kita dan kita harus mengeluarkan energy tersebut. Morning pages berperan sebagi brain-dump dimana ia akan membantu menjernihkan pikirian untuk nantinya fokus kepada hal lain. Baik itu hal kecil atau hal besar yang menyita perhatian dan pikiran maupun mengganggu kita, maka tulislah di kertas kosong. Dengan itu kita jadi lebih punya ruang lebih untuk berpikir kreatif dan membangun.

  1. Morning pages membantu untuk menemukan kreativitas

Untuk mendapatkan kreativitas, kamu harus mencarinya. Setelah membuang pikiran-pikiran tidak beraturan, saatnya berpikir kreatif lagi.

  1. Morning pages membantu untuk mendiamkan musuh terbesarmu

Yaitu dirimu sendiri. Kritik yang berasal dari diri sendiri memang tidak bisa kita hindari, tapi dengan menuliskannya dipagi hari, siang hari kamu tidak perlu memikirkan hal yang tidak-tidak untuk mengekritik dirimu sendiri.

  1. Morning pages membuat kamu sedikit tenang

Menulis itu membantu untuk menghilangkan rasa cemas. Iri hati, marah, rasa takut, rasa lemah, dan emosi lainnya bisa dituliskan di atas kertas dan terlihat apa adanya. Dengan menumpahkan perasaan itu dan melihatnya lagi, lalu kamu akan sadar bahwa perasaan itu tidak seburuk yang kamu kira dan itu akan melatih kamu kuat.

  1. Morning pages membantumu untuk menjadi mesin ide yang lebih baik

Kamu bisa menuliskan apa yang ada dikepalamu mengenai ide-ide bisnis atau apapun dengan detail dikepala.

Tulislah segala hal yang mau kamu tulis, apapun itu. Tidak perlu berpikir tulisannya bagus atau tidak, yang penting menulis. Untuk sebagian orang, meluangkan waktu 30-40 menit untuk menulis di pagi hari amat berat. Tapi untuk orang yang sudah terbiasa menulis morning pages, ia bangun lebih awal sedikit untuk menulis dan menjernihkan pikirannya. Bagi mereka, morning pages membuat pikiran mereka lebih jernih, tajam, dan tenang yang kemudian akan membantu mereka fokus di siang hari sehingga hari mereka lebih baik dan produktif.

Referensi:

http://www.chriswinfield.com/morning-pages/

http://www.jenmorriscreative.com/journaling-vs-morning-pages/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: