NYK: Sejarah Fountain Pen

Pena tertua tercatat berasal dari abad ke-10 M. Khalifah dari Mesir menginginkan pena yang mudah dibawa, tidak mengotori tangan dan baju mereka. Maka dibuatlah pena yang mempunya kantong tinta didalammnya.

Hak paten pertama terhadap Fountain Pen dikeluarkan pada tanggal 25 May 1827 oleh pemerintah Perancis. Penciptanya adalah orang Rumania bernama Petrache Poenaru. Ia membuat fountain pen pertama dengan laras yang terbuat bulu angsa besar. Kemudian sejak tahun 1850-an berbagai hak paten yang berkaitan dengan pulpen ini diajukan dan produksinya makin meningkat. Namun, pulpen tidak lantas populer begitu saja. Pulpen baru menjadi alat tulis populer ketika  ditemukan mata pena emas berujung iridium, karet keras dan tinta yang mengalir lancar.

Tahun 1880an merupakan tahun dimana produksi pulpen mulai dilakukan besar-besaran. Produsen terbesar di Amerika Serikat saat itu adalah Waterman (New York) dan Wirt (Pennsylvania). Hingga awal tahun 1920-an, Waterman masih populer.  Saat itu, desain yang digunakan adalah desain Poenaru dimana untuk meneteskan tinta harus menggunakan pipet ke dalam tempat tintanya. Cara itu sangat tidak rapid an sulit. Kemudian akhirnya sekitar abad ke 20, berhasil ditemukan pulpen yang dapat diisi tanpa harus membuka tempat tinta.

Pulpen masih populer antara tahun 1940-an dan 1950-an. Pulpen diproduksi dengan aneka warna dan model. Bolpen sudah ditemukan tapi harganya masih mahal dan tinta terkadang macet atau bocor. Tahun 1960-an, teknologi bolpen semakin maju dan akhinya menggantikan pulpen untuk penggunaan sehari-hari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: