Mampir Yuk!: Situs Gunung Padang

Situs Gunung Padang adalah situs prasejarah dari zaman Megalitikum (Batu Besar). Salah satu ciri peninggalan prasejarah dari zaman megalitikum adalah bangunan-bangunan yang terbuat dari batu. Situs Gunung Padang terletak di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. SItus ini disebut juga sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara dengan luas keseluruhan areal sekitar 3 ha. Situs ini berada pada puncak bukit, dan pengunjung harus menaiki anak tangga untuk sampai puncaknya.

SItus Gunung Padang diperkirakan adalah tempat pemujaan masyarakat sekitar 2000 tahun SM. Tempat ini sudah dikeramatkan oleh warga dan mereka menganggap situs ini sebagai tempat Prabu Siliwangi berusaha membangun istana dalam semalam. Peneliti mengatakan bahwa situs Gunung Padang merupakan hasil campuran dari teknologi masa itu dan tangan manusia.

Jika ingin menjelajah Situs Gunung Padang, kita bisa naik kereta api Sukabumi/Cianjur dari stasiun Paledang-Bogor menuju stasiun Lempegan. Jangan lupa untuk pesan tiket 2-3 hari sebelum keberangkatan jika tidak ingin kehabisan. Dari stasiun Lempegan, bisa naik ojek dengan harga nego. Jika menggunakan kendaraan pribadi, kita harus menuju  kota Cianjur lalu ambil arah menuju Jalan Raya Cianjur-Sukabumi menuju Desa WarungKondang. Dari Desa WarungKondang kemudian lewat Cipadang-Cibokor-Lampegan-Pal Dua-Ciwaringin-Cimanggu-Desa Gunung Padang.

Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Situs_Gunung_Padang

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: