NYK: Mengenal Monarki

Kata Monarki berasal dari bahasa Yunani yaitu monos (satu) dan archein (pemerintahan) yang berarti merujuk pada satu pemerintahan. Monarki juga bisa diartikan sebagai penguasa mutlak dalam suatu bangsa atau negara. Monarki juga dikenal sebagai Kerajaan. Monarki ini mendukung sistem kerajaan sebagai sebuah bentuk pemerintahan dalam suatu negara. Pada masa ini, penggunaan kata monarki biasanya merujuk pada sistem tradisional dimana kekuasaan diturunkan kepada keturunannya.

monarki.jpg

Monarki adalah sebuah bentuk pemerintahan dimana sebuah negara dipimpin oleh penguasa monarki. Penguasa Monarki itu adalah Raja, Ratu, Kaisar, Sultan, Paus, atau Khalifah. Penguasa monarki biasanya mewarisi tahta keturunan penguasa sebelumnya. Selain dari ketururan, penguasa monarki juga bisa dipilih melalui pemilihan. Namun pemilihannya tidak terlepas dari keluarga kerajaan atau aliran darah. Saat ini, gelar penguasa monarki pada beberapa negara tidak memiliki arti politik karena negara berubah menjadi republik, namun gelar akan tetap diwariskan.
Jenis Monarki adalah Monarki Mutlak dan Monarki Konstitusional. Pada Monarki Mutlak, seorang raja memiliki kuasa penuh pada negara dan pemerintahannya. Raja memiliki hak untuk membuat, mengubah, atau menyetujui undang-undang tanpa persetujuan dari legislatif maupun rakyatnya. Masa jabatan raja pada Monarki Mutlak ini belaku seumur hidup. Contoh negara yang menggunakan bentuk pemerintahan ini adalah Arab Saudi.
Pada sistem pemerintahan Monarki Konstitusional, Raja berperan sebagai kepala negara dan Perdana Menteri sebagai kepala pemerintahan. Raja sebagai kepala negara memiliki kekuasaan yang terbatas dan segala pemerintahan diurus oleh perdana menteri bersama legislatif. Monarki konstitusional bervariasi pada setiap negara.

==========
Source: http://www.gerbangilmu.com/2015/12/bentuk-pemerintahan-di-dunia-beserta.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: