Travel: Pantai Boom

Kalau ke kota Banyuwangi, boleh mampir ke pantai Boom. Pantai ini adanya persis di timur kota Banyuwangi dan akses kesananya pun mudah dari kota Banyuwangi. Semua kendaraan bisa masuk kesana dan penunjuka arahnya juga mudah ditemukan.

Sebelum menjadi objek wisata Kota banyuwangi, Pantai Boom dulunya adalah sebuah pelabuhan penting untuk jalur pelayaran niaga (biasanya kopra) dan untuk kapal nelayan. Sebelum adanya pelabuhan Ketapang, katanya Pantai Boom ini adalah dermaga penyebrangan ke Pulau Bali.  Namun, pada akhirnya pantai ini hanya digunakan oleh nelayan ikan yang mengkap ikan di Selat Bali.

boom
Pemandangan dari pinggir Pantai Boom (foto: K)

Apa sih yang menarik dari Pantai ini? Pantai Boom ini dijadikan tenpat untuk pertunjukkan budaya seperti  gandrung sewu. Acara ini  adalah pertunjukkan tarian kolosal yang ditarikan oleh 1000 penari. Selain itu, di Pantai ini dijadikan tempat untuk acara Banyuwangi Beach Jazz Festival. Tahun ini, acara BBJF juga akan hadir kembali pada bulan Agustus mendatang. Pantai Boom juga menjadi salah satu tempat berkumpul pemuda-pemudi Banyuwangi.

gandrung sewu
Gandrung Sewu (foto: Jawa pos)

Di pantai ini, bisa juga loh jalan-jalan naik kuda poni menyusuri pantai. Tapi kalau ingin berjalan kaki juga  tidak apa-apa. Menariknya, kalau kita berjalan dipinggir pantai mendekat kelaut, sudah terjadi perbedaan waktu loh. Jadi di Pantai Boom ada dua waktu yaitu Indonesia bagian Barat dan Tengah 😀

Jalan-jalan di pantai boom lebih enak sore-sore sambil menikmati jajanan jalanan. Dari pinggir pantai, kita juga dapat lihat pulau Bali yang terpisah Selat Bali. Gubuk-gubuk bamboo disekitar pantai bisa dijadikan tempat santai juga untuk menikmati kelapa muda dan juga hidangan-hidangan lautan. Jadi sehabis jalan-jalan sore dipantai, bisa langsung makan malam.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: