Tips: Mengatur Keuangan Pribadi

Bagi anak muda yang masih bingung bagaimana mengelola keuangan pribadi, ada tips nih untuk mengatur keuangamu supaya tidak habis ditengah bulan. Berikut ini ada tips untuk mengatur keuangan bulanan

  1. Membuat rencana pengeluaran dan anggaran belanja

Setiap bulan kamu wajib membuat rencana pengeluaran. Bagaimana cara membuatnya? Coba kamu ingat-ingat kembali apa saja kebutuhanmu selama 2-3 bulan terakhir yang amat penting bagimu seperti sewa kamar kost, untuk makan diluar, hobi, pulsa, pakaian, atau kebutuhan lainnya.  Kamu bisa melihat bagaimana pengeluaranmu, dan  mengetahui mana yang penting dan tidak. Dari catatan itu, kamu bisa membuat rencana untuk melakukan penghematan dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu dan membagi-bagi uang untuk kebutuhan utamamu.

  1. Menabung

Setelah membuat rencana pengeluaran, jangan lupa sisihkan untuk menabung. Jangan tunggu hingga akhir bulan ketika ada uang lebih karena biasanya itu tidak berhasil. Jadi, sisihkanlah segera.

  1. Menahan diri dari godaan promo dan diskon

Memang kalau melihat kata promo atau diskon rasanya membuat kamu bersemangat sekali untuk belanja. Tapi sabar dulu, toko-toko membuat tawaran promosi dan diskon hanyalah untuk menarik pembeli. Kalau kita mengetahui triknya, kamu bisa berkata tidak pada diskon dan promo. Ingat, tidak semua promo atau diskon harus dibelanjakan, sesuaikanlah dengan anggaranmu.

  1. Membuat buku harian pengeluaran

Cacat semua pengeluaran dan pemasukanmu dalam satu bulan termasuk nama barangnya. Hal ini juga berguna untuk membuat anggaran belanja bulan depannya. Untuk mencatat ini memang perlu niat dan ketekunan, tapi ini sangat membantu kamu untuk mengerem pengeluaran dihari berikutnya.

4.Mencari produk serupa yang lebih murah

Ketika kamu menginginkan barang tertentu tetapi harganya selangit, cobalah cari toko lain yang menjual barang serupa tapi lebih murah. Biasanya, harga produk di toko jauh lebih mahal daripada harga aslinya, jadi biasanya ada perbedaan harga ditiap toko.

  1. Hindari utang

Berusahalah untuk hidup sesuai dengan kemampuanmu. Jangan hidup boros.

 

Semoga bermanfaat 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: