Tips: Makanan yang bisa dikonsumsi penderita maag

Dalam post ini sudah dijelaskan beberapa makanan dan minuman yang harus dihindari untuk penderita maag. Beberapa penderita memang teratur untuk menjaga pola makan agar tidak kambuh dan memburuk. Namun, menjaga pola makan bukan berarti tidak bisa menikmati makanan yang enak, ada rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi dengan aman untuk penderita maag.  Makanan yang boleh dikonsumsi diantaranya…

  1. Makanan dengan jenis daging yang lembut, daging tanpa lemak, daging unggas tanpa kulit, seafood, ikan, kerang, daging yang lunak, tidak pedas, dan tidak digoreng. Daging yang dipanggang katanya daging yang paling baik untuk penderita maag.
  2. Sayuran yang berserat tinggi, mengandung nutrisi, tidak meningkatkan gas dalam perut, dan membantu mepertahankan berat badan ideal. Konsumsilah 2-4 porsi sayur setiap hari. Contoh sayuran diantaranya bayam, wortel, kangkung, brokoli, kentang dsb. Tahu dan tempe yang berasal dari kedelai juga masih bisa ditoleransi.
  3. Buah-buahan yang mengandung mineral, serat, vitamin, antioksidan dan fitokimia. Pilihan buah yang bisa dikonsumsi diantaranya apel, papaya, pisang ambon, pir, anggur, melon, kiwi, dan persik. Tapi jika penyakit maag sudah sangat parah, tidak dianjurkan untuk makan buah apapun.
  4. Susu yang rendah atau bebas lemak. Jangan banyak konsumsi produk olahan susu. Tapi ketika lambung terasa bermasalah dan mual, sebaiknya hindari saja.

Sebagai penderita maag, memang harus agak berhati-hati dalam memilih makanan, tapi tidak berarti saya tidak bisa makan enak. Saat lambung mulai terasa tidak nyaman, hindari makanan yang bisa memperburuk lambung.

 

Referensi: bebagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: