NYK: Huruf G

Huruf G adalah huruf ke-7 dalam alafabet latin. Huruf G diperkenalkan dalam masa Latin Kuno sebagai bentuk lain dari C untuk membedakan bunyi /g/ dan /k/. Orang Romawi pertama yang menulis huruf G adalah Spurius Carvilius Ruga. Ia membuka sekolah berbayar dan mengajar sekitar tahun 230 SM. Pada waktu itu, huruf K makin jarang digunakan dan huruf C (awalnya menunjukkan bunyi /g/ dan k/ sebelum bunyi vokal terbuka) hanya mewakili bunyi /k/.

g

Penempatan huruf G oleh Ruga yang menunjukkan susunan alfabet terkait dengan nilai huruf  sebagai angka Yunani menjadi perhatian di abad ke-3 SM. Menurut beberapa catatan, huruf ketujuh sebelumnya ( Z)  telah dihapus dari alfabet latin sekitar awal abad ke-3 SM oleh orang Romawi yaitu Appius Claudius.

Kemudian /k/ dan /g/ mengalami proses palatalisasi dan alofon sebelum vokal didepan, jadi huruf C dan G  memiliki nilai bunyi yang berbeda dalam rumpun bahasa roman.

Dalam fisika, huruf G dibunakan sebagai lambang gravitasi, dan g adalah percepatan gravitasi. Dalam system satuan internasional, g adalah singkatan dari gram.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: