NYK: Huruf F

Huruf F adalah huruf ke-6 dalam Alfabet Latin. Asal dari huruf F adalah huruf Fenisia (Semitik) yaitu ‘vâv’ atau ‘waw’ yang melambangkan bunyi /v/ atau /w/. Kemungkinan huruf itu mulanya berbentuk kait atau gada. Ada kemungkinan juga bentuk itu berdasarkan hieroglif Mesir yang menggambarkan gada.

f

Bentuk huruf Fenisia ‘waw’ diserap ke dalam huruf Yunani sebagai vokal yaitu upsilon (yang mirip dengan huruf Y dan juga sebagai leluhur dri huruf U, V dan W). Huruf ‘waw’ juga diserap dan dalam bentuk lain sebagai konsonan yaitu digamma (menyerupai huruf F  romawi) yang melambangkan bunyi /w/ dalam huruf Fenisia. Huruf latin F biarpun dibaca berbeda, tapi tetap keturunan dari digamma dan bentuknya mirip.

Dalam huruf Etruska, huruf F melambangkan bunyi /w/ seperti huruf Yunani. Kemudian orang Etruska membentuk dwihuruf ‘FH’ untuk melambangkan /f/. Pada saat huruf tersebut dipinjam, tidak ada huruf Yunani yang melambangkan bunyi /f/. Ketika orang Romawi menyerap huruf Etruska, mereka menggunakan V (dari upsilon Yunani) bukan hanya untuk bunyi /u/ tapi juga untuk /w/, dan akhirnya F untuk /f/. Dari berbagai ‘waw’ dalam daratan mediterania, huruf F masuk ke dalam huruf Romawi dengan bunyi /f/. Huruf Romawi saat ini dipakai dalam huruf dasar untuk Bahasa Inggris dan bahasa lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: