NYK: Manfaat Buah Lemon

Lemon memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh. Lemon juga mengandung beberapa vitamin B kompleks seperti thiamin, ribovlavin, asam pantotenat dan vitamin B6. Mineral seperti magnesium, mangan, besi, fosfor, kalium dan kalsium juga terkandung dalam buah lemon.Nutrisi yang terkandung dalam lemon juga sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain  untuk minuman, lemon juga sering dijadikan penguat rasa untuk berbagai makanan. Rasanya yang manis keasaman membuatnya terkenal sebagai salah satu bumbu dapur. Lemon juga digunakan sejak jaman dulu untuk bahan perawatan tubuh. Lemon juga bisa dugunakan untuk membersihkan perabotan rumah dari noda.

Berikut ini beberapa manfaat buah lemon bagi kesehatan dan hal lainnya

1.Menghilangkan noda karat pada pisau

Rendam pisau dapur pada campuran perasan lemon dengan air bersih beberapa saat

2.Pengawet buah dan sayuran

Rendam irisan buah atau sayur dalam air lemon untuk mencegah pembusukan dan munculnya warna kecoklatan pada irisan.

3. Merawat kulit

Lemon bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang menyumpat pori-pori kulit sehingga kulit terhindar dari jerawat dan noda gelap, serta membuat wajah lebih cerah dan segar. Cara penggunaannya adalah dengan megiris lemon menjadi beberapa bagian kemudian diolekan merata pada kulit dan diamkan selama 15menit, setelah itu bilas dengan air hangat. Sel kulit mati yang ada pada kulit akan terangkat.

4. Merawat kesehatan kulit kepala dan rambut

Lemon dapat mengatasai rambut rontok, menghilangkan ketombe dan menguatkan akar rambut. Cara untuk perawatan rambut berketombe dan menguatkan akar rambut adalah dengan merebus potongan lemon dengan air bersih, kemudian hasil rebusan yang sudah diingin diusapkan ke seluruh bagian rambut dari pangkal hingga ujung lalu diamkan selama 10menit agar terserap oleh akar rambut.

5. Mengobati radang tenggorokan

Perasan air lemon mampu membantu mengatasi sakit tenggorokan, infeksi tenggorokan, tonsillitis akibat bakteri. Caranya adalah dengan berkumur-kumur dengan setengah gelas air lemon.

6. Menurunkan berat badan

Campuran perasan lemon dengan air hangat dan madu dipercaya mampu menurunkan berat badan lebih cepat. Untuk hasil maksimal, tentu saja harus diimbangi dengan makan dan olahraga yang cukup

Lemon dikenal baik untuk kesehatan penceranaan, pengobatan infeksi, perawatan gigi, perawatan, kulit, perawatan rambut, dan juga mengingkatkan sistem kekebalan tubuh.

Referensi: berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: