Travel: Taman Margasatwa Ragunan

Kebun Binatang adalah salah satu lembaga konservasi tempat pelestarian dan perlindungan keanekaragaman flora-fauna diluar habitat. Kebun Binatang juga bisa berfungsi sebagai daerah terbuka hijau yang bermanfaat untuk paru-paru kota dan sebagai daerah resapan air. Salah satu kebun binatang yang terletak di Jakarta adalah Taman Margasatwa Ragunan.

DCF compatable JPEG Img
Peta Lokasi Satwa TMR (foto: K)

Taman Margasatwa Ragunan merupakan salah satu tempat tempat pilihan untuk berekreasi, belajar dan menjadi tempat berinteraksi sosial oleh masyarakat. Tidak hanya warga lokal, tapi juga banyak warga negara asing yang datang. Disini, pengunjung bisa liburan sekaligus menambah pengetahuan mengenai satwa.

DCF compatable JPEG Img

Taman Margasatwa Ragunan juga dapat dijadikan sebagai tempat studi atau pencarian bahan untuk keperluan riset. Ragunan bisa menjadi teman bermain sekaligus tempat belajar untuk mengenal keanekaragaman dan kekayaan satwa di Indonesia maupun di dunia. Dengan upaya pengenalan tersebut diharapkan mampu membentuk karakter untuk peduli terhadap alam dan lingkungan.

Pengunjung yang datang ke Taman Margasatwa Ragunan memanfaatkan suasana alam yang asri sebagai sarana tempat kumpul keluarga dan melepas kepenatan rutinitas harian. Sebagaian besar pengunjung berasal dari daerah disekitar kota Jakarta seperti Bogor, Tangerang, Depok maupun Bekasi. Pada saat liburan panjang, tempat ini akan penuh sesak dikunjungi berpuluh-puluh ribu orang mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Tidak hanya anak kecil yang tertarik untuk mengenal satwa di kebun binatang ini, orang dewasa pun banyak terlihat memiliki kertertarikan yang sama 😀

Taman Margasatwa Ragunan juga memiliki Taman Satwa Anak, Pusat Primata Schmutzer, Pusat Pendidikan Satwa maupun Taman Perahu sebagai tempat yang memiliki satwa peragaan khas dan langka.

Taman Margasatwa Ragunan juga membuat event seperti Fun Bike, lari estafet, outbound, dan kegiatan lain yang bekerja sama dengan pihak luar. Kegiatan seperti lomba anak antar sekolah, pentas music akustik, pentas budaya tradisional, family gathering, penanaman bibit pohon juga dilakukan di Taman Margasatwa Ragunan.

 

Oh, selama berkunjung ke kebun binatang, jangan lupa harus selalu patuh dengan aturan atau larangan yang terpasang disetiap kandang ya. Hal ini penting untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Jangan juga memberi makan sembarangan pada satwa, ya 😀

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: