NYK: Taman Buru Pulau Pini

Taman Buru Pulau Pini adalah bagian dari Pulau Pini sesuai dengan SK. Menteri Kehutanan No. 347/Kpts-II/1996 seluas 8.350 Ha. Kawasan ini di tunjuk sebagai Taman Buru karena memiliki potensi hutan serta satwa di samping keindahan alam dan posisi geografis yang cukup strategis.

Taman Baru (TB) Pulau Pini merupakan salah satu gugusan kepulauan yang berada pada pantai barat Sumatera Utara. Secara administratif termasuk kecamatan Pulau-pulau Batu, Kabupaten Daerah Tingkat II Nias, dalam administrasi Kehutanan termasuk wilayah kerja Sub Seksi KSDA Nias. Luas Pulau Pini secara keseluruhan adalah 31.250 Ha. Dahulu merupakan kawasan hutan produksi, namun pada saat ini kegiatannya telah terhenti.

Posisi Taman Buru berada pada ketinggian 0-80 mdpl dan berbatasan langsung dengan laut Samudera Indonesia. Kawasan ini memiliki formasi hutan dataran rendah dan hutan pantai. Ekosistemnnya terdari ekosistemn hutan hujan tropis dataran rendah, hutan rawa, mangrove dan hutan pantai.

Flora yang terdapat pada pulau pini merupakan tipe hutan hujan tropis kepulauan dan bekas hutan produksi yang telah tutup. Namun demikian tegakan yang tersisa masih dalam keadaan baik, seperti jenis keruing, meranti, dan sebagainya. Vegetasi hutan dengan pohon berbatang lurus merupakan pemandangan yang menarik.

Potensi fauna yang merupakan penunjang utama kegiatan untuk pengembangan taman buru adalah jenis mamalia antara lain jenis babi hutan yang cukup banyak populasinya, kancil, rusa dan monyet. Jenis ini telah banyak berkembang karena jenis predator relatif kurang dan kegiatan perburuan tradisional yang belum banyak dilakukan masyarakat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: