Travel: Bali Bird Park

Bali Bird Park adalah taman burung yang terbesar dan juga terbaik di Indonesia. Di Bali Bird Park, sebagian burung-burung dibiarkan terbang bebas di sekitar taman. Jadi, pengunjung bisa merasa lebih dekat dan bercengkrama dengan burung-burung koleksi taman ini. Dengan koleksi sekitar 1000 jenis burung dari 250 spesies berbeda. Habitat asal burung-burung ini bervariasi, mulai dari daerah-daerah di Indonesia hingga Amerika dan Afrika. Dari burung Jalak Bali, Elang Jawa, cendrawasih, burung-burung endemik Sumatera, burung langka dan eksotik dari Papua, sampai burung-burung ‘import’ seperti Scarlet Macaw, Toucan, dan Kongo Grey Parrot ada di taman ini. Jika ingin tahu lebih jauh tentang seluk beluk jenis burung yang ada, tidak perlu sungkan-sungkan bertanya pada petugas.

Suasana Bali Bird Park sangat asri dengan 2000 tumbuhan tropis termasuk 50 jenis Palem serta kupu-kupu cantik yang beterbangan. Selain burung, sebuah taman yang menyerupai hutan hujan juga tersedia. Taman hutan hujan ini unik. Ketika masuk, pengunjung akan disambut udara khas hutan hujan yang lembab. Ditambah lagi, ada rintik-rintik hujan yang jatuh dari atap sangkar. Dilengkapi dengan kicau burung, rasanya akan benar-benar seperti di hutan hujan sungguhan. Bagi yang berminat, bisa menyempatkan berkunjung saat berada di Bali. Lokasinya strategis, mudah dijangkau. Bali Bird Park terletak di Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Gianyar. Dari Denpasar jaraknya kurang lebih 12 km.

Bali Bird Park memainkan peran penting dalam melindungi dan melestarikan satwa langka Indonesia. Taman ini telah berhasil membiakkan banyak spesies, termasuk Kakatua Pesquet yang langka dan banyak jalak Bali. Taman menampung lebih dari 40 jenis burung Indonesia yang dilindungi di taman, semakin banyak yang sekarang berkembang biak dengan sukses di bawah perawatan staf. Staf bangga penambahan baru mereka beberapa di antaranya dapat dilihat dalam inkubator melalui jendela pengamatan gedung laboratorium & pembibitan.

Untuk menjaga koleksi taman, dipeelukan perawatan konstan dan perhatian. Burung-burung di Taman umumnya memiliki kesehatan yang sangat baik tetapi seperti manusia burung juga bias jatuh sakit. Untuk alasan ini diperlukan seorang dokter hewan full time yang memantau kesehatan burung dan menyediakan pengobatan ketika mereka jatuh sakit atau terluka.

Tindakan pencegahan yang hati-hati juga telah dibentuk untuk koleksi burung, semua anggota staf dan pengunjung taman. Kondisi yang buruk bias menyebabkan infeksi virus. Untuk alasan ini, Bali Bird Park memastikan semua koleksi tinggal di habitat yang bersih. Sejak dibuka pada tahun 1995, Bali Bird Park tetap aman bagi semua pengunjung. Staff sangat bangga untuk mengatakan bahwa tidak ada burung  yang pernah terinfeksi oleh virus burung.

Bali Bird Park merupakan tempat yang populer untuk:
– Mengatur program khusus untuk pertemuan keluarga
– Program perusahaan
– Kelompok pengaturan
– Mahasiswa khusus kelompok pendidikan
– Kompetisi kreatif lainnya seperti foto
– lukisan
– Gambar
– Pertemuan tahunan
Taman ini memberikan kesempatan bagi anak untuk belajar tentang warisan satwa liar mereka. Untuk alasan ini Taman menyambut pihak sekolah, dan dapat memberikan layanan bimbingan khusus atau lembar kerja untuk mereka. Taman ini juga mensponsori acara khusus dirancang untuk meningkatkan kesadaran anak-anak dan orang dewasa dari ancaman yang dihadapi satwa liar di dunia modern.

 

Referensi: bali-bird-park.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: