NYK: Huruf A

Huruf A, seperti yang kita tahu adalah huruf pertama dalam Alfabet Latin. ‘A’ berasal dari huruf yunani (alpha). Versi huruf besarnya ‘A’ terdiri dari 2 garis miring seperti pada segitiga, dan ditengahnya ada garis lurus. Untuk bentuk huruf kecil, dikenal ‘a’ dan ‘a’. Biasanya ‘a’ digunakan dalam tulisan tangan atau dalam font untuk bacaan anak-anak.

Huruf A pertama berasal dari alfabet Fenisia yaitu aleph (alif). Sejarah huruf A dapat dilihat dari pictogram kepala sapi (dipengaruhi oleh hieroglif Mesir) berbetuk segitiga dengan dua tanduk. Pada tahun 1600 SM, Alfabet Fenisia mempunyai bentuk linear sebagai dasar untuk bentuk lainnya.

history A

Dalam prasasti Yunani hingga abad ke 8SM, huruf dituliskan terbaring tapi dalam huruf Yunani berikutnya terlihat seperti huruf A modern. Bangsa Etruska kemudian membawa alfabet Yunani ke semenanjung Italia dan hurufnya tidak berubah. Kemudian bangsa Romawi mengadopsi alfabet Etruska untuk menulis bahasa latin, dan hasilnya alfabet tersebut dilestarikan dalam alfabet latin dan digunakan untuk menulis berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris.

Dalam aljabar, huruf ‘A’ dan huruf awal dalam alfabet digunakan untuk menunjukkan jumlah yang diketahui, sedangkan huruf-huruf terakhir dalam alfabet (x,y,z)  digunakan untuk menunjukkan jumlah yang tidak diketahui.

Dalam geometri (ilmu ukur), huruf A, B, dan seterusnya digunakan untuk menunjukkan garis, sinar, bagian dan lainnya. Huruf A juga digunakan untuk menunjukan sudut dalam segitiga, dan huruf a untuk menunjukkan sudut yang berlawanan dari A.

A juga digunakan untuk menunjukkan sesuatu atau seseorang yang memiliki status lebih baik atau kualitas bagus seperti A+, A-, A. Biasanya A juga digunakan untuk menunjukkan nilai tertinggi pada penilaian tugas sekolah atau kuliah.

referensi: berbagai sumber

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: