Travel: Taman Wisata Alam Cimanggu

Secara administrasi pemerintahan, Taman Wisata Alam termasuk Wilayah Desa Rancabali Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu termasuk dalam tipe hujan tropis dataran tinggi dan memiliki hutan alam dengan pohon yang cukup banyak jenisnya yaitu : puspa (Schima wallichii), rasamala (Altingia excelsia), pasang (Querqus sp), kihujan (Ebgelhardia serrata), kitembaga (Eugenia cuprea), saninten (Castanopsis argentea), baros (Magleatea glauca), pinus (Pinus mercusii), kayu putih (Eucalyptus) dan lain-lain. Sebagai ciri dari hujan tropis jenis-jenis epifit dan liana serta beberapa jenis anggrek antara lain anggrek kadoka (Drynaria spp) anggrek japati (Phalaenopsis spp) dan Paku kumpai (Lycopodium carimatum). Liana yang terdapat pada kawasan ini mayoritas berkayu serta mempunyai batang yang panjang besar dan memanjat sampai tajuk-tajuk pohon.

Dengan berbagai floranya, kawasan Taman Wisata Alam Cimanggu merupakan habitat yang cocok bagi kehidupan satwa-satwa liar. Jenis satwa liar yang dapat dijumpai pada kawasan ini antara lain Surili (Presbytis comata), babi hutan (Sus vitatus), rusa (Cervus timorensis), kancil (Tragulus javanica), macan kumbang (Panthera pardus), kijang (Muntiacus muntjak), ayam hutan (Galus gallus dan Gallus varius). Sedangkan jenis-jenis burung yang dapat dijumpai antara lain burung belibis (Dendro sygna javanica), tekukur (Screptopelia chinensis), gagak (Carpus enca), serta burung pipit (Lonchura leucogastroides).

Lokasi TWA Cimanggu sangat strategis dan berdekatan dengan obyek wisata alam lainnya di zona wisata Bandung Selatan.  Lokasi juga dekat dengan Taman Wisata Alam Situ Patengan. Objek wisata alam yang dapat dikunjungi disekitar kawasan diantaranya sebagai berikut:

  1. Sumber Air Panas

Salah satu objek wisata di Taman Wisata Alam Cimanggu adalah sumber air panas yang mengandung belerang alami. Terdapat lebih dari satu lokasi sumber air panas yang terdapat di Taman Wisata Alam Cimanggu diantaranya adalah sumber air panas Cimanggu, Ranca Upas dan Gunung Tuduh. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam serta berendam dalam kolam-kolam pemandian maupun dalam kamar khusus yang disediakan oleh pengolola.

 

air cimanggu
Air Panas Cimanggu (cr. klikhotel.com)
  1. Bumi Perkemahan

Berkemah dapat dilakasanakan dibumi perkemahan Ranca Upas. Disamping berkemah pengunjung dapat pula mandi air panas didalam lokasi perkemahan yaitu dikolam Tunduh (kolam alami).

 

Fasilitas yang terdapat pada lokasi adalah kolam pemandian umu air panas, bak rendam air panas, pondokan, camping ground, outbound area, MCK, pusat informasi, parkir, shelter, jalan setapak, pos jaga, mushola dan panggung terbuka.  Kegiatan wisata alam yang dapat dilakukan adalah bersantai sambil menikmati keindahan alam, mandi air panas, memotret, dan lintas alam.

 

Referensi: http://dishut.jabarprov.go.id/index.php?mod=manageMenu&idMenuKiri=473&idMenu=503

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: