Travel : Situ Gunung

Situ Gunung adalah nama dari sebuah danau yang berada pada ketinggian sekitar 850 mdpl di kaki gunung Gede-Pangrango. Lokasi wisata ini berada di area Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango. Lokasi danau terletak ±16 km dari pusat kota Sukabumi.

situ gunung sukabumi
Situ Gunung, Sukabumi (foto: tempatwisatadijawabarat.com)

Ditempat ini, pengunjung bisa menikmanti tempat wisata sepanjang hari. Tempat ini juga menyediakan area berkemah untuk pengunjung yang suka dengan kegiatan alam. Namun, jika tidak suka berkemah, pengunjung juga dapat menginap di villa atau hotel disekitar sana.

Situ Gunung dikelilingi oleh pepohonan yang membuat pemandangan terasa indah dan udara yang segar. Ditempat ini juga terdapat air terjun yang dikenal nama Curug Sawer.

Untuk mencapai Situ Gunung, ada beberapa alat transportasi yang bisa dijadikan pilihan. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Kereta api Bogor-Sukabumi-Cianjur pun bisa dijadikan alternative transportasi jika anda tidak ingin bermacet-macetan di jalan. Dengan biaya sekitar Rp25.000,-  anda sudah bisa sampai di Sukabumi dan pemandangan selama perjalanan pun cukup menarik.

Jika anda berniat menggunakan kereta api, usahakan untuk membeli tiket jauh sebelum tanggal keberangkatan anda untuk mengantisipasi kehabisan tiket. Untuk menuju Situ Gunung dari Bogor, anda bisa berhenti di stasiun Cisaat, Sukabumi. Dari stasiun kemudian naik angkot menuju polsek dan naik angkot lagi menuju pintu masuk tempat wisata. Jika anda datang ramai-ramai lebih mudah dengan menyewa angkot langsung sampe lokasi wisata. Biayanya relative lebih murah.

Jika anda tidak mendapat tiket kereta sukabumi, anda tidak perlu khawatir karena ada elf dari Bogor yang menuju Sukabumi. Biayanya sekitar Rp25.000,-. Bedanya dengan menggunakan kereta api adalah…. Waktu tempuhnya. Kemungkinannya anda akan terjebak macet dijalan kalau bepergiaan di akhir pekan menggunakan mobil meskipun sudah lewat jalan alternative. Jadi, untuk menghemat waktu, lebih baik naik kereta 😀

Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa keluar dari tol ciawi kemudian menuju kearah Sukabumi. Jika kurang jelas, anda bisa menggunakan aplikasi melalui handphone anda untuk panduan perjalanan.

Selain berkemah dan menikmati pemandangan, di tempat ini juga anda bisa memancing. Untuk yang suka memancing, bisa juga membawa peralatan mancingnya.

Sebelum menuju Situ Gunung untuk berkemah, sebaiknya anda melakukan persiapan dan membawa perbekalan yang cukup.  Jangan lupa bawa baju hangat untuk anda yang tidak kuat dingin.

Untuk anda yang tinggal di daeraj Jabodetabek, lokasi Situ Gunung tidak begitu jauh, bukan? Tempat ini bisa juga loh dijadikan alternative untuk liburan singkat menghilangkan stress.

Selamat liburan!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: