NYK: Jenis-jenis Kertas (I)

Kertas digunakan untuk kegiatan tulis menulis, pengemasan produk, dan hal lainnya. Ada dua jenis kertas yaitu kertas halus dan kertas kasar. Kertas halus adalah kertas yang digunakan untuk kegiatan tulis menulis-menulis, buku, sampul, dan lainnya. Sedangkan kertas kasar adalah kertas yang digunakan untuk kemasan. Kertas-kertas ini terbuat dari  bahan-bahan berserat dengan atau tanpa proses pemutihan.

Berikut adalah beberapa jenis kertas yang mungkin perlu kita ketahui..

  • Blotting paper (Kertas Minyak)
blot
Kertas minyak untuk wajah (foto: intothegloss.com)

Kertas yang biasa digunakan untuk menghapus tinta, cat atau minyak dari permukaan objek. Kertas ini juga digunakan pada produk kecantikan yang dikenal dengan kertas minyak untuk meresap minyak di kulit wajah atau menghapus make-up.

  • Coated Paper (Duplex)

Kertas ini memili satu sisis berwarna putih dan sisi lainnya berwarna abu. Biasanya digunkan untuk bungkusan obat atau makanan.

  • Bond Paper (HVS)

Pasti kertas ini sudah sangat familiar dalam kesehariaan. Kertas ini sering digunakan untuk mencetak buku atau fotocopy. Permukaannya kasar. Kertas ini memiliki berbagai ketebalan mulai dari 58gr hingga 100gr.

  • Construction (Sugar paper)
construction-paper-in-assorted-colors
Construction paper (foto: wisegeek.com)

Construction paper adalah sejenis kertas berwarna yang tebal dengan tekstur permukaan yang agak kasar dan tidak rata, biasanya digunakan untuk membuat kerajinan, desain, atau model.

  • Cotton paper
cotton_paper_large
Handmade cotton paper (foto: georgeweil.com)

Kertas ini terbuat dari bahan katun atau kapas dari kain yang telah digunakan (rags). Kertas ini unggul dalam kekuatan dan ketahanan karena mungkin mengandung konsentrasi asam yang tinggi. Di beberapa negara, kertas ini digunakan untuk uang kertas.

  • Crepe
crepe
Crepe paper (foto: papermart.com)

Kertas crepe adalah kertas tissue yang telah dilapisi dengan perekat (zat seperti lem) dan kemudian dikisutkan (dikerutkan seperti pada pita pesta) untuk membentuk lipatan. Permukaan kertas ini berkerut-kerut. Kertas ini populer untuk dekorasi pesta, alat peraga, aksesori kostum, membuat bunga kertas dan kerajinan kertas lainnya.

  • Glassine
glassine-paper-40-gsm-50x75cms-9007168-0-1421165088000
Glassine paper (foto: pegasusart.com)

Kertas ini digunakan untuk mengemas produk makanan. Kertas ini tahan terhadap minyak dan lemak, namun tidak tahan terhadap air. Kertas ini biasa digunakan untuk produk yang memiliki kadar minya berlebih, seperti untuk mengemas mentega, keju, permen, dan produk lainnya. Permukaan kertas ini seperti gelas dan transparan. Kertas glasin digunakan sebagain bahan dasar laminat.

  • Kraft
Kraft-Paper
Kraft paper (foto: kraftpaper.co.in)

Kertas ini sangat kuat dan banyak digunakan untuk pembuatan kantong kertas ukuran besar. Kertas ini lebih kuat daripada kertas glasin, sehingga bahan pangan yang dibungkus dengan kertas ini akan tetap kering. Di Negara Eropa, kertas ini digunakan untuk mengemas keju. Kertas ini juga digunakan untuk membungkus semen, makanan, bahan kima, tepung, dan lainnya.

  • Manila
manila
Manila (foto: wikipedia.org)

Kertas manila biasanya diberikan pada anak-anak untuk membuat seni kerajinan karena kertas ini murah. Kertas ini melalui proses yang kurang halus dibandingkan kertas lainnya. Biasanya terbuat dari serat kayu dengan semi-pemutihan. Kertas ini tidak sekuat kertas kraft, tapi kualitas cetaknya lebih baik.

  • Newsprint

Kertas ini adalah kertas yang biasa digunakan untuk mencetak Koran dan artikel iklan lainnya. Kertas ini berasal dari bubur kayu. Kertas ini disukai oleh penerbit dan pencetak karena biayanya relative lebih murah, kuat, dan bisa dicetak empat warna.

Iklan

4 respons untuk ‘NYK: Jenis-jenis Kertas (I)

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: