NYK:Codex Seraphinianus

Codex yang banyak diperbincangkan di dunia karena isinya yang misterius dan tidak dapat dimengerti diantaranya adalah The Codex of Seraphinianus. Codex ini dibuat oleh seorang seniman, arsitek, dan desainer bernama Luigi Serafini dari tahun 1976-1978 dan terbit pada tahun 1981.  dengan jumlah halaman sekitar 360 (tergantung edisi) dan ditulis dalam sandi rahasia dan bahasa khayalan. Selain Italia, buku ini juga sudah diterbitkan dibeberapa Negara lainnya.

Codex-seraphinianus-2vol
Codex Seraphinianus (French Edition)

Buku ini adalah ensiklopedia yang berisi gambar-gambar aneh dunia pararalel, tulisannya pun tidak jelas dan dalam bahasa yang tidak diketahui. Buku ini mempunyai 360 halaman yang ditulis dalam kode dan teks bersandi yang terbagi dalam 11 bab yang berisi tentang flora, fauna, makhluk bipedal, fisika dan kimia,  mesin, biologi dan seksualitas, sejarah, bahasa, sosial,hiburan dan arsitektur.

codex_fish_broom
Fish Broom

Luigi memilih untuk mengekspresikan ide-ide asing kedalam ilustrasi penuh warna yang dianggap mustahil didunia nyata.  Gambar-gambarnya dalah parodi dari segala hal nyata yang ada di dunia seperti buah yang berdarah dan tanaman yang tumbuh menyerupai kursi dan sesudah itu menjadi satu.

serafini_panini

Sistem penulisan yang digunakan adalah model system gaya barat barat biasa tapi dengan huruf yang melekuk satu sama lain dan pola yang belum bisa terpecahkan. Gaya penulisannya seperti gaya penulisan barat biasa (kiri ke kanan). Sampai saat ini, belum ada yang memecahkan makna dalam codex, namun system yang digunakan untuk menuliskan nomer halaman sudah dipecahkan oleh Allan C.W dan Ivan Derzhanski.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: