Menulis dengan Fountain Pen

Menulis dengan fountain pen atau pulpen tinta, berbeda dengan menulis  menggunakan bolpoin. Jika dengan bolpoin harus ditekan, kalau menulis dengan jenis fountain pen kita tidak perlu menekannya. Secara otomatis tinta akan mengalir karena pengaruh gravitasi.

Hak paten pertama terhadap fountain pen dikeluarkan pada tanggal 25 May 1827 oleh pemerintah Perancis. Penciptanya adalah orang Rumania bernama Petrache Poenaru. Ia membuat fountain pen pertama dengan laras yang terbuat bulu angsa besar.

Fountain pen sering dianggap sebagai barang mewah dan simbol dari status seseorang. Biasanya fountain pen digunakan untuk menandatangani dokumen penting atau sejenisnya. Pena ini bisa juga digunakan untuk menulis sehari-hari seperti halnya balpoin biasa. Banyak juga pena yang biasa dijual di Eropa dan China yang penggunaannya sekali pakai tapi kualitasnya baik dan harganya tidak terlalu mahal, contohnya Pilot Varsity.

Pilot_Varsity
Pilot Varsity

Pena bisa digunakan untuk keperluan artistik seperti mengekspresikan tulisan tangan, kaligrafi,  juga seni dan desain professional. Penggunanya menyukai karakteristik desain elegan yang tak lekang waktu, keindahan, serta perasaan halus saat digunakan. Ketika terbiasa menggunakan fountain pen kemudian beralih menggunakan bolpen, ada rasa aneh yang tidak biasa karena harus membiasakan diri untuk menekan bolpen saat menulis.

Penggunaan fountain pen juga bisa untuk mengurangi stress fisiologis dari kegiatan menulis, dan menjadi alternatif untuk penderita arthritis. Beberapa orang juga percaya bahwa penggunaan fountain pen dapat meningkatkan kinerja akademik. Di beberapa negara, penggunaan pena ini juga diwajibkan dimulai dari kelas dasar untuk mengajarkan anak-anak mengontrol tulisan mereka supaya lebih baik.

Di Indonesia, ada juga beberapa sekolah yang menerapkan penggunaan wajib fountain pen untuk menulis sehari-hari. Hasilnya, tulisan anak-anak menjadi rapih.

Beberapa pena ini dihargai sebagai sebuah karya seni. Desain dan ornamennya dibuat sangat apik, menggunakan logam mulia dan perhiasan. Penggemar pena ini mengumpulkan dan menggunakan pena antic dan modern. Mereka juga saling bertukar informasi mengenai tinta, botol tinta dan lainnya, baik yang antik maupun modern. Kolektor mengumpulkan pena antic untuk dipajang dalam lemari kaca tertutup.

referensi berbagai sumber

Iklan

Satu respons untuk “Menulis dengan Fountain Pen

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: