NYK: Sejarah Pena

Selain membutuhkan kertas, kamu juga butuh pena untuk menulis. Ternyata, pena yang kita gunakan saat ini telah melalui evolusi sehingga menjadi pena yang sekarang ada diatas meja, didalam saku, maupun didalam tempat pensil kalian, loh. Yuk simak sedikit info mengenai pena dibawah ini…

Pena adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyapukan tinta di atas permukaan kertas yang biasa digunakan untuk menulis atau menggambar. Pena itu berbeda dengan pensil. Pena biasanya menggunakan tinta, sedangkan pensil berbahan grafit.

Pada jaman dulu, kuas, pena buluh, pena bulu, dan dip pen digunakan dengan cara mencelupkannya ke dalam tinta baru disapukan kepermukaan media. Ketika itu, pena dan tinda adalah dua hal yang terpisah. Untuk menulis, pena harus dicelupkan kedalam tinta dan harus dilakukan terus menerus.

Kuas tinta adalah alat tulis tradisional di Asia Timur. Badan kuas terbuat dari bamboo, cendana merah, kaca, gading, perak dan emas. Kepala kuas dibuat dari rambut atau bulu hewan seperti musang, rusa, kelinci, ayam, bebek, babi, harimau, dan lain-lain. Di Tiongkok dan Jepang, ada tradisi untuk membuat kepala kuas dari rambut bayi yang baru lahir sebagai cinderamata seumur hidup dari dan untuk sang bayi. Kuas bisanya digunakan dalam kaligrafi dan menggambar. Kuas diciptakan di Tiongkok sekitar tahun 300 SM.

ink brush
Ink Brush (doc. flickr.com/theenmoy)

Pena buluh dibuat dengan memotong batang alang-alang atau bambu. Pena buluh biasa dengan ujung terpisah ditemukan dari situs Mesir Kuno  yang berasal dari abad ke-4 SM. Pena buluh digunakan untuk menulis diatas gulungan lontar dan merupakan alat yang digunakan saat penulisan Perjanjian Baru. Pena buluh lebih kaku dibandingkan dengan pena bulu dan ketajaman ujungnya tidak bertahan lama. Akhirnya, pena buluh digantikan oleh pena bulu.

reed pen
Pena Buluh (doc. naturalreedpens.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, pena bulu berasal dari sayap bulu burung besar. Pena bulu digunakan untuk menulis dengan tinta sebelum diciptakannya pena modern. Pena bulu merupakan alat tulis utama di Barat pada abad ke 6 hingga 19 Masehi Selain untuk menulis, pena bulu juga digunakan unuk membuat gambar atau dekorasi pada naskah.

quill
Pena Bulu  (doc. forsmallhands.com)

Dip pen (nib pen) biasanya dibuat dari ujung metal dan mempunyai saluran kapiler dan dipasang pada dudukan atau pegangan yang terbuat dari kayu. Bahan pegangan yang lainnya adalah tulang, metal, dan plastik. Dip pen tidak mempunyai tempat penyimpanan tinta, jadi untuk mengisi tintanya harus dari mangkuk atau botol tinta. Dip pen muncul untuk menggantikan pena bulu. Secara umum pena ini digunakan sebelum berkembangnya pulpen modern.

pair-of-vintage-desk-stationery-office-wood-handled-dip-pens-with-nibs-circa-1930s-code-49-14-278-p
Dip Pen (doc. retonthenet.co.uk)

Nah, dijaman sekarang ini sudah banyak jenis pena modern seperti ballpoint pen, fountain pen, dan marker. Pena-pena tersebut lebih modern dan lebih mudah penggunaannya. Kita tidak perlu bolak-balik mencelupkan mata pena kedadalam tinta untuk menulis karena tinta sudah aman berada pada tempat penyimpanannya.

Ballpoint pen biasanya kita kenal dengan sebutan bolpen. Sesuai dengan namanya, pena ini memang menggunakan bola kecil pada ujungnya yang berfungsi untuk mengotrol pengeluaran tinta. Bola kecil ini biasanya terbuat dari kuningan atau baja dengan diameter berbeda-beda. Makanya, untuk menggunakan bolpen kita harus menekannya supaya tintanya bisa keluar. Bolpen diciptakan pada tahun 1938 oleh jurnalis Hungaria. Bolpen teridir dari dua jenis yaitu rollerball pen dan complexball pen.

Parker-IM-Black-Gold-Trim-Ballpoint-Pen-S0856440_3
Ballpoint Pen (doc. penheaven.co.uk)

Fountain pen biasanya kita sebut dengan nama pulpen atau pulpen tinta. Berbeda dengan bolpen, ujung dari pulpen ini berbentuk tajam yang dilengkapi pegangan berisi kantong tinta yang dapat diisi ulang,  Tinta yang digunakan adalah tinta berbasis air. Prinsipnya, tinta dapat dimasukkan dari botol tinta ke dalam kantong tinta melalui mata pena dengan menggunakan. Untuk menggunakan pulpen tidak perlu ditekan karena tinta akan mengalir dengan sendirinya.

fountain
Fountain Pen (doc. penheaven.co.uk)

Marker kita kenal sebagai spidol. Spidol memiliki ujung yang lunak dan biasanya digunakan untuk keperluan khusus atau menggambar. Tinta yang digunakan dalam spidol adalah tinta khusus yang mengandung alkohol yang disimpan dalam busa dan dapat menguap jika terpapar udara. Spidol bisa dipakai untuk menulis diatas kertas, papan, dan lainnya.

marker
Marker (doc. tme.eu)

Berbagai jenis dan bentuk pena telah diciptakan oleh manusia hingga Merk pena terkenal didunia diantaranya Mont Blanc, Parker dan LV. Merk tersebut dekat dengan kata ekslusif karena harganya yang luar biasa. Kalau di Indonesia sendiri, merek seperti pilot dan snowman pasti sudah tidak asing lagi ditelinga karena bolpen itu adalah bolpen paling umum yang digunakan masyarakat. Bolpen atau bolpoin biasanya digunakan untuk menulis sehari-hari, sedangkan pulpen biasanya digunakan untuk penulisan yang lebih khusus seperti penandatanganan dokumen oleh pejabat. hihi

Apapun jenis pena yang kamu miliki, hampir semuanya bisa digunakan di jurnal Hibrkraft. Menulis atau menggambar bisa dilakukan dengan mudah. Jadi, kamu gak perlu khawatir untuk memikirkan alat tulisnya. Hanya dengan bolpen yang kamu gunakan sehari-hari atau pulpen tinta pun kamu sudah bisa menulis dengan nyaman di dalam jurnal. Dan kalau kamu suka menggambar, kamu juga bebas menggunakan spidol pada kertasnya.

1014335_537597469636420_1569782895_n
Journal Hibrkraft

Supaya lebih jelas, kamu bisa cek instagramnya hibrkraft untuk pilih jenis jurnal yang ingin kamu gunakan 🙂

 

Referensi dari berbagai sumber

Iklan

2 respons untuk ‘NYK: Sejarah Pena

Add yours

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

Buat situs web atau blog di WordPress.com

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: